CFD Jembatan I Dompak Jadi Sarana Pemersatu Masyarakat Kepri
Oleh : Redaksi
Rabu | 21-11-2018 | 10:52 WIB
antusias-cfd.jpg
Masyarakat Kepri, khususnya Tanjungpinang sambut baik pencanangan Jembatan I Dompak jadi kawasan CFD setiap Minggu pagi. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri baru saja melaunching kawasan Jembatan I Dompak menjadi salah satu kawasan Car Free Day (CFD) atau kawasan Bebas Kendaraan bermotor yang dapat dinikmati masyarakat setiap Minggu pagi.

Dilansir situs resmi Pemprov Kepri, launching kawasan Car Free Day ini secara langsung dibuka Gubernur Provinsi Kepri, H Nurdin Basirun bersama Wakil Gubernur Kepri, H Isdianto di jembatan I Dompak, Minggu (18/11/2018) kemarin.

Gubernur mengharapkan agar nantinya area CFD ini dapat menjadikan salah satu kawasan dan area yang dapat digunakan masyarakat Kepri khususnya Kota Tanjungpinang untuk berolahraga dan menghabiskan pagi minggunya untuk berbagai kegiatan olahraga baik itu bersepeda, jalan santai hingga senam bersama.

"Mari kita jadikan area CFD Jembatan I Dompak ini untuk dapat memupuk kebersamaan dan persatuan antar sesama masyarakat Kepri," ungkap Gubernur.

Tak hanya itu, Gubernur mengatakan hingga saat ini Pemerintah Provinsi Kepri akan terus berupaya untuk meningkatkan pembangunan khususnya di pusat Pemerintahan Dompak. "Ini semua yang kita bangun dan luncurkan semua untuk masyarakat, sehingga dapat saling bersilaturahmi, sehat dan pastinya dapat berdampak juga pada perekonomian masyarakat Kepri," ungkap Gubernur.

Untuk itu Gubernur, mengajak seluruh masyarakat Tanjungpinang untuk dapat meramaikan kawasan CFD Jembatan I Dompak ini setiap minggunya.

"Karena kawasan ini akan kita buka setiap minggunya pada pukul 06.00 hingga 08.00 pagi, sehingga masyarakat dapat dengan tenang berolahraga dan juga berwisata di sepanjang Jembatan I Dompak hingga memasuki kawasan Pulau Dompak ini," tegas Gubernur.

Sementara itu, Kepala Dispora Provinsi Kepri, Maifrizon mengatakan bahwa tujuan dari penerapan Car Free Day di kawasan Jembatan I Dompak ini untuk meningkatkan semangat dan budaya olahraga di kalangan masyarakat Provinsi Kepri.

"Karena dari hasil survei saat ini persentase masyarakat Provinsi Kepri yang berolahraga secara teratur tergolong rendah, yakni hanya 15 persen, untuk itu melalui Car Free Day inilah, kami targetkan semangat olahraga penduduk Kepri di atas 85 persen, bahkan mencapai 100 persen," ungkap Mafrizon.

Menurut Mafrizon, CFD ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian pedagang kecil dan menengah, terutama yang berjualan di sekitar lokasi jembatan penghubung wilayah Tanjungpinang dan Pulau Dompak tersebut.

"Karena biasanya usai berolaharga, warga akan mencari minuman atau cemilan ringan. Tentu ini menjadi peluang bagi pedagang-pedagang kecil di situ," ujar Mafrizon.

Editor: Gokli