Kepri Terbaik ke-2 Nasional Penyaluran Dana Desa Tahap II 2018
Oleh : Ismail
Sabtu | 23-06-2018 | 08:04 WIB
sardison-btd.jpg
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (SPMD Dukcapil) Provinsi Kepri, Sardison. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Provinsi Kepulauan Riau menempati peringkat kedua terbaik penyaluran dana desa tahap II se-Indonesia. Peringkat tersebut diperoleh dari realisasi penyaluran dana desa tahap II tahun 2018 ini yang mencapai persentase 100 persen.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (SPMD Dukcapil) Provinsi Kepri, Sardison mengungkapkan, berdasarkan data dari Kantor Ditjen Pembendaharaan, Provinsi Kepri berada pada peringkat kedua Nasional pada realisasi penyaluran dana desa tahap II.

Dari data tersebut, Kepri berhasil merealisasikan penyaluran dana desa tahap II ini sebesar 100 persen dari total dana sekitar Rp212 juta.

"Release rekap data penyaluran Nasional dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan, alhamdulillah kita nomor 2 setelah Jogjakarta," katanya, Jumat (22/6/2018).

Dengan raihan tersebut, ia mengapresiasi kinerja pihak yang telah bekerja bersungguh-sungguh dalam penyaluran dana desa di Kepri. Sehingga, Kepri bisa menempati peringkat yang baik pada tahapan penyaluran.

Selain itu, peran Pemerintah Kabupaten dan Desa juga turut memberikan andil besar dalam raihan prestasi tersebut.

Kendati demikian, dirinya juga berpesan, agar raihan tersebut tidak menjadi hal untuk berpuas diri. Masih banyak pekerjaan rumah yang menanti dalam pelaksanaan pembangunan di desa melalu dana desa.

Oleh karena itu, ia mengharapkan, Pemerintah Kabupaten dan Desa dapat bekerja maksimal agar realisasi pembangunan di desa dapat terlaksana dengan baik. Sesuai dengan Nawacita butir ke-3 yang menyatakan bahwa akan membangun Indonesia dari pinggiran.

"Kita harap semua dapat bekerja maksimal untuk mewujudkan hal tersebut," ungkapnya.

Untuk diketahui, sesuai dengan data dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan, peringkat pertama penyaluran dana desa tahap II ditempati oleh Yogyakarta. Diikuti Kepri pada peringkat ke-2, lalu Bali, dan Kalimantan Utara pada peringkat ke-4. Keempat Provinsi tersebut dapat merealisasikan penyaluran dana desa dengan persentase 100 persen.

Sementara, peringkat terakhir atau 33 ditempati oleh Provinsi Maluku dengan persentase 14,42 persen.

Editor: Yudha