Hilgers dan Reijnders Resmi Jadi WNI, Erick Thohir: Semua Bekerja Demi Indonesia
Oleh : Redaksi
Selasa | 01-10-2024 | 12:24 WIB
maes-Eliano.jpg
Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah mengucapkan sumpah setia di Brussel, Belgia, Senin (30/9/2024). (PSSI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dalam proses naturalisasi dua pesepakbola Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Keduanya resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah mengucapkan sumpah setia di Brussel, Belgia, Senin (30/9/2024). Thohir menyebut keberhasilan ini berkat kerja sama antara Presiden Joko Widodo, DPR, Kementerian Hukum dan HAM, serta Kementerian Dalam Negeri.

Menurut Thohir, percepatan proses pengambilan sumpah di luar negeri bukanlah hal spesial, melainkan langkah yang diperlukan mengingat kebutuhan Timnas Indonesia menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. "Saya sangat berterima kasih kepada Presiden Jokowi, DPR, dan seluruh pihak terkait yang memungkinkan percepatan sumpah WNI Mees dan Eliano. Mengapa di Brussel? Karena waktu mereka terbatas, dan kami ingin mereka bisa segera bermain saat Indonesia melawan Bahrain dan Cina pada Oktober nanti. Ini kerja sama luar biasa, semua bekerja demi Indonesia," kata Thohir, Senin (30/9/2024), demikian dikutip laman PSSI.

PSSI bergerak cepat selama sepekan untuk menyelesaikan proses naturalisasi ini. Mulai dari pembahasan di Komisi III dan X DPR yang menyetujui naturalisasi pada Kamis (26/9/2024), hingga pertemuan antara Thohir dengan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, membahas pengambilan sumpah di luar negeri. Keputusan Presiden diterbitkan, dan proses pengambilan sumpah Mees dan Eliano sebagai WNI pun dilakukan di Brussel.

Acara pengambilan sumpah disaksikan oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkumham, Cahyo Rahadian Muzhar, Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, serta anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga. "Dukungan luar biasa dari semua pihak diharapkan memperkuat timnas dalam laga tandang yang krusial melawan Bahrain dan Cina," tambah Thohir.

Eliano Reijnders, pemain tengah PEC Zwolle, berasal dari keluarga berdarah Indonesia melalui sang ibu yang bersuku Ambon dan lahir di Jakarta. Sementara Mees Hilgers, pemain belakang utama FC Twente, memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Sulawesi Utara. Keduanya diharapkan memperkuat strategi coach Shin Tae-yong dalam menghadapi dua laga penting pada Oktober mendatang.

Editor: Gokli