580 Anggota DPR RI Periode 2024-2029 Resmi Dilantik
Oleh : Irawan
Selasa | 01-10-2024 | 14:44 WIB
pelantikan_dpr.jpg
Pelantikan DPR Periode 2024-2029 di ruang sidang paripurna Gedung kura-kura, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Sebanyak 580 anggota DPR terpilih periode 2024-2029 resmi dilantik hari ini. Mayoritas diisi oleh wajah lama, ratusan legislator ini akan melaksanakan fungsi legislasi, pengawasan, dan budgeting.

Pelantikan digelar hari ini di ruang sidang paripurna, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Pelantikan turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih Prabowo Subianto serta jajaran menteri kabinet.

Sekjen DPR Indra Iskandar membacakan keputusan presiden tentang peresmian keanggotaan DPR periode 2024-2029.

Lalu 580 wakil rakyat mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPR dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

Termasuk 4 Anggota DPR asal Kepulauan Riau (Kepri), antara lain Endipat Wijaya (Partai Geriondra), Rizki Faisal (Partai Golkar), Randi Zulmariadi (Partai NasDem) dan Sturman Panjaitan (PDIP) mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPR.

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," lanjutnya.

Selanjutnya, prosesi ini dilanjutkan dengan penandatangan Berita Acara Sumpah/Janji Anggota DPR secara simbolis yang disaksikan Ketua MA.

Adapun rapat paripurna perdana ini dipimpin oleh Ketua DPR RI sementara dari perwakilan anggota tertua dan termuda.

Yakni Guntur Sasono dari Partai Demmokrat dan Annisa MA Mahesa dari Partai Gerindra.

Anggota DPR termuda adalah putri almarhum politikus yang pernah menjadi Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa, Annisa MA Mahesa.

Saat ini Annisa berusia 23 tahun 2 bulan 15 hari, lahir pada 17 Juli 2001.

Sementara, anggota DPR tertua, Guntur Sasono berusia 78 Tahun 2 bulan 30 hari saat dilantik nanti.

Bersamaan dengan DPR, sebanyak 152 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI juga akan dilantik.

Editor: Surya