Musrenbang 2018 Provinsi Kepri Fokuskan 5 Program Pembangunan
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 29-03-2018 | 19:14 WIB
senyum-masam-nurdin.jpg
Senda gurau Gubernur dan Wagub Kepri di sela acara Musrenbang Kepri 2018 (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri menyatakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Provinsi Kepri 2018 menitikberatkan pada 5 program strategis yang akan dilaksanakan pada pembangunan mendatang.

Kelima item pembangunan itu antara lain, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, pengembangan ekonomi kerakyatan, pengembangan pusat kebudayaan Melayu, pengembangan infrastruktur wilayah serta pengembangan tata kelola pemerintahan yang akuntabel.

"Sebagai forum musyawarah antarstakeholder yang dituangkan dalam rencana kerja Pemerintah Daerah," kata Naharuddin di Tanjungpinang, Rabu (28/3/2018).



Dengan tema "Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Ekonomi, Keberlanjutan Infrastruktur serta Pengembangan Pusat Kebudayaan Melayu Kepri", Naharudin menambahkan, tema tersebut merupakan cerminan dalam acuan rencana jangka menengah daerah serta menyelaraskan dengan tema pembangunan Nasional.

"Output yang dihasilkan adalah kesepakatan program kegiatan pembangunan berserta usulan-usulan program," kata Kepala Barenlitbang itu.



Mewakili Menteri Dalam Negeri, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Eko Subowo, mengatakan tahapan yang panjang dilalui sehingga sampai pada pelaksanaan Musrenbang tingkat provinsi ini, diharapkan dapat menjadi acuan yang pasti dalam program pembangunan di tahun 2019.

"Agar semua pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman kembali program-program yang diusulkan sehingga timbul kesepakatan bersama terkait pembangunan daerah," kata Eko.



Kemudian, Deputi Pengembangan Regional Bappenas RI, Rudy Soeprihadi Prawiradinata, mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang harus terus berfokus dan mempertajam juga mensinergikan pemikiran untuk pembangunan berkualitas.

"Untuk memastikan pemerataan pembangunan di seluruh daerah di Kepri," kata Rudy.



Tampak pula hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad, tokoh masyarakat, insan Pers beserta tamu undangan lainnya.

Editor: Udin