Inflasi Batam dan Tanjungpinang Melebihi Nasional, Sebesar 0,73 Persen
Oleh : Ismail
Selasa | 02-01-2018 | 17:50 WIB
Kepala-BPS-Kepri,-Panusunan-Siregar.jpg
Kepala BPS Kepri, Panusunan Siregar (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Riau mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) gabungan dua kota di Kepri (Batam dan Tanjungpinang) pada Desember, menunjukkan inflasi sebesar 0,73 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari angka inflasi nasional yang menunjuk pada angka 0,71 persen.

Kepala BPS Kepri, Panusunan Siregar saat jumpa pers mengatakan, inflasi pada gabungan kota di Kepri untuk periode Januari- Desember 2017 sebesar 4,02 persen. Angka tersebut terbilang konstan bila dibandingkan dengan periode kumulatif yang sama pada tahun 2016 lalu yang juga sebesar 4,02 persen.

"Namun, bila dirinci untuk dua kota IHK di Provinsi Kepulauan Riau, tercatat Kota Batam mengalami inflasi 0,72 persen sedangkan Tanjungpinang mengalami inflasi sebesar 0,84 persen," ujarnya Pansunan di Kantor BPS kawasan Jalan Ahmad Yani, Selasa (2/1/2018).

Ia menambahkan, penyebab inflasi pada dua kota IHK di Kepulauan Riau tersebut disebabkan oleh kenaikan indeks enam kelompok yang menyusun. Yakni, kelompok bahan makanan sebesar 2,16 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,24 persen.

Sementara, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,05 persen, kelompok sandang sebesar 0,54 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,23 persen, serta kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,83 persen.

"Sebaliknya, hanya kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga yang mengalami penurunan indeks yang menyusun inflasi gabungan dua kota di Kepulauan Riau yaitu sebesar 0,02 persen," ungkapnya.

Panusunan juga memaparkan, dari 23 kota IHK di Sumatra, kesemuanya mengalami mengalami inflasi. Dengan puncak inflasi terjadi di Kota Lhokseumawe sebesar 1,69 persen. Sementara, Kota Tanjungpinang dan Batam masing-masing menduduki peringkat ke-8 dan ke-12 se-Sumatra.

"Sedanggkan jika skala Nasional, Tanjungpinang dan Batam menduduki urutan ke-27 dan 37 dari 82 Kota se-Indonesia," paparnya.

Editor: Udin