Nurdin Perintahkan Kepala OPD Segera Lelang Proyek
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 02-01-2018 | 17:38 WIB
rakor-perdana-di-2018.jpg
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat memimpin Rapat Perdana bersama Seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau di Lantai IV, Kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (02/01/2018) (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Besok Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBD 2018 Kepri akan dibagikan. Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, memerintahkan kepada seluruh Kepala OPD di Lingkungan Pemerintan Provinsi Kepri agar segera menyerahkan dokumen kegiatan yang akan dilelangkan ke Biro Unit Layanan Pengadaan.

Semakin cepat dilakukan lelang, kata Nurdin, maka kegiatan bisa segera kita laksanakan dan masyarakat bisa merasakan langsung dampak dari pembangunan.

"Jangan sampai terlambat," tegas Nurdin saat memimpin Rapat Perdana bersama Seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau di Lantai IV, Kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (02/01/2018).

Nurdin saat itu didampingi Sekdaprov H TS Arif Fadillah dan Kepala Barenlitbang Naharuddin. Bahkan, seluruh Asisten dan Kepala OPD serta Staf Ahli hadir pada rapat perdana di awal tahun tersebut. Sedangkan OPD yang menjadi titik perhatian Nurdin pada pelaksanaan anggaran Tahun 2018 ini di antaranya adalah Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pemukiman, Dinas Pendidikan dan Dinas Perhubungan Provinsi Kepri.

Pada Dinas Pekerjaan Umum, Nurdin berharap agar pembangunan Masjid Baiturarrahim agar secepatnya diselesaikan, sehingga bisa digunakan oleh masyarakat untuk beribadah. Demikian juga penyelesaian Gelanggang Olahraga di Kabupaten Lingga dan proyek strategis lainnya.

Sedangkan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman diminta melanjutkan pembangunan jalan Provinsi di Kabupaten/ Kota. Pada Dinas Pendidikan Gubernur menggesa agar pembangunan sekolah dan ruang kelas baru disegerakan agar pada akhir Juni atau awal Juli agar bisa digunakan oleh anak didik pada tahun ajaran baru mendatang.

Untuk Dinas Perhubungan, Nurdin menegaskan agar proses pembangunan terutama pelabuhan bongkar muat di Pelantar 2 Tanjungpinang segera selesai pada tahun ini agar bisa dioperasikan.

"OPD yang saya sebutkan tadi agar bisa segera melaksanakan proyek dengan segera dan OPD yang tidak saya sebutkan bukan berarti tidak penting, semua penting, tapi ini menjadi prioritas karena bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat," ujar Nurdin.

Gubernur menekankan agar seluruh OPD untuk saling koordinasi dan kerja sama untuk mencapai tujuan pembangunan.

"Insya Allah dengan sinergitas dan kerja sama yang baik antar semua OPD, maka program dan kegiatan-kegiatan yang telah kita rencanakan bisa dilaksanakan dengan baik tanpa hambatan yang berarti. Sehingga kemajuan dan kesejahteraan rakyat Kepri yang kita cintai ini akan segera tercapai pada tahun ini," ujar Nurdin.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa pada Rabu besok, (03/01/2018) akan dilaksanakan penyerahan DIPA dan launching e-Government di Aula Wan Sri Beni, Dompak, yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri PAN dan RB.

Dengan akan diserahkan DIPA ini nantinya berarti semua aktivitas pembangunan sudah siap dilaksanakan atas dasar dokumen yang jelas dan terencana.

"Selain itu dengan launching e-Government, diharapkan pelaksanaan pemerintahan akan berjalan lebih efisien karena koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui pemanfaatan teknologi informasi," ucap Arif.

Editor: Udin