Wali Kota Tanjungpinang Minta MUI Jadi Penyejuk Umat
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 26-12-2017 | 10:00 WIB
Lis-Darmansyah-oke33.gif
Wali kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tanjungpinang masa bakti 2017-2022, dikukuhkan oleh Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah di Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Senin (25/12/2017)

Usai mengukuhkan, Lis berpesan, di tahun politik serta tahun-tahun yang akan datang, MUI dapat menjadi lembaga yang selalu menyejukkan umat muslim di Tanjungpinang.

MUI adalah lembaga yang mewadahi ulama dan cendikiawan Islam di Indonesia untuk membimbing, membina, serta mengayomi kaum muslimin di seluruh Indonesia. MUI dan pemerintah punya peran penting dan fungsinya masing-masing, pemerintah merangkul lembaga Islam, organisasi Islam, termasuk MUI untuk membuat rencana program kerja keagamaan.

"Untuk itu, MUI harus mampu membimbing dan membina umat Islam dalam kehidupan beragama, memberikan nasehat, menjadi penghubung antara ulama dengan pemerintah serta sebagai wadah yang mewakili umat Islam dalam hubungan dan konsultasi antar umat beragama," ujar Lis Darmansyah Senin (25/12/2017).

Menurut Wali Kota, jika MUI kembali kepada fungsi dan tugasnya, maka segala bentuk radikalisme, terorisme, liberalisme, dan komunisme, diharapkan dapat terelimanisir dengan baik.

MUI sebagai wadahnya ulama harus menghargai peran dan fungsinya, sehingga kehadirannya memiliki arti penting, terutama dengan fatwa-fatwanya sebagai penyejuk dan pencerah umat Islam di Kota Tanjungpinang.

"MUI harus menjadi pemersatu umat. Peran MUI yang terdiri dari alim ulama sangat strategis ditengah masyarakat, untuk itu, jadilah penyejuk disaat kita alami kekeringan, dan jadilah pendingin disaat kita kehausan. jangan sampai agama menjadi pemecah, tetapi jadikan agama sebagai alat pemersatu. MUI harus terus memperkuat perpaduan basis keagamaan dan keilmuan terkini, guna menghasilkan kebijakan yang terpadu menuju kemaslahatan umum," papar Wali Kota Tanjungpinang.

Editor: Dardani