Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi DBD, Masyarakat Diimbau Jaga Kebersihan Lingkungan
Oleh : Harjo
Selasa | 24-10-2017 | 11:26 WIB
Bupati-Bintan-goro1.gif Honda-Batam
Bupati Bintan Apri Sujadi gotong royong. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Antisipasi mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Bintan, masyarakat diimbau jaga kebersihan lingkungan. Pasalnya, disaat musim penghujan seperti ini, nyamuk akan mudah bersarang karena banyaknya genangan air.

Oleh sebab itu seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan agar selalu bersih, dan salah satunya adalah dengan membasmi jentik-jentik nyamuk.

"Nyamuk itu hidup di air bersih, jadi kita harus tetap waspada. Biasanya musim penghujan, gejala penyakit DBD akan muncul," ujar Bupati Bintan, Apri Sujadi, Selasa (24/10/2017).

Selain hal tersebut, dirinya juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari tingkat RT/RW, kepala desa, hingga lurah untuk kembali menghidupkan budaya gotong royong, guna menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Menurutnya, kegiatan gotong royong yang dilakukan gerakan 3M (menguras, menutup dan menimbun) hendaknya diawali dari lingkungan kecil sekitar kita. Secara luasnya bisa dilakukan bergotong royong bersama warga setempat dalam membersihkan dan menjaga lingkungan dari kotoran dan bahaya penyakit seperti DBD.

"Mari sama-sama kita jaga kebersihan lingkungan sekitar kita, galakkan budaya gotong royong," ujarnya.

Ditambahkannya juga, bahwa dirinya menyarankan agar masyarakat jika mengalami badan panas atau gejala DBD lainnya, segeralah bawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. Karena pencegahan dini akan lebih baik.

"Waspada bagi pencegahan lebih dini akan lebih baik, namun prinsipnya mari terapkan prilaku hidup bersih sehari-hari," ujarnya.

Editor: Yudha