Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembangunan Tahap I Gapura Jembatan Dompak Kelar November Mendatang
Oleh : Ismail
Senin | 11-09-2017 | 18:26 WIB
Nurdin-tunjuk-langit.gif Honda-Batam
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat meninjau pembangunan Gapura Jembatan I Dompak (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun meninjau  pembangunan tahap pertama pintu gerbang atau gapura Jembatan I Dompak, Senin (11/9/2017). Dalam kesempatan itu Gubernur meminta agar pekerjaan pembangunan gapura itu dapat diselesaikan tepat waktu.

Dia mengungkapkan, pembangunan gapura tersebut merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Kepri dalam melanjutkan program pimpinan sebelumnya dalam memperindah pusat pemerintahan.

"Gapura ini nanti tentunya dapat menjadi daya tarik orang untuk datang ke pusat pemerintahan Dompak," sebutnya.

Selain itu, Nurdin menambahkan, dengan penataan secara maksimal pusat pemerintahan Dompak, direncanakan bisa dijadikan salah satu destinasi pariwisata. Dengan demikian, dapat  meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepri, Hendrija, mengatakan, pembangunan gapura tersebut akan dilakukan sebanyak dua tahap. Untuk tahap pertama tahun ini, pihaknya hanya fokus pada pembangunan strukturnya dahulu.

"Tahun ini pembangunan strukturnya dulu, tahun 2018 nanti baru finishingnya," ujarnya.

Alokasi anggaran yang digelontorkan Pemprov Kepri untuk pembangunan gapura tahap I ini mencapai Rp4,8 miliar. Yakni mencakup pembanguna tiang Gapura setinggi 25 meter lengkap dengan kubah. Kemudian, tempat pejalan kaki serta kios di setiap sisi jembatan.

"Insya Allah, November nanti sudah mulai nampak wujudnya. Dan Desember tahap pertama ini kita targetkan sudah selesai," terangnya.

Ia menambahkan, total investasi yang ditanamkan untuk penataan jembatan ini sebanyak Rp9,8 miliar. Diharapkan, jembatan ini selain jadi tempat wisata juga menjadi pusat ekonomi baru.

"Jadi, konsep pembangunan kita saat ini mengutamakan pembangunan dengan nilai plus," tutupnya.

Editor: Udin