Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Kecamatan Senayang Lingga Belum Merdeka dari Internet
Oleh : Nurjali
Jumat | 18-08-2017 | 10:37 WIB
udi-00.gif Honda-Batam
Anggota DPRD Lingga, Ahmad Nasirudin foto bersama dengan Paskibra Kecamata Senayang. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Senayang - Sulitnya akses internet di Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga menjadi pesan tersendiri dari masyarakat untuk negara di Hari Kemerdekaan RI ke-72. Di mana, saat perkembangan teknologi kian pesat, masyarakat Senayang belum bisa merasakan kehadira internet.

"Indonesia merdeka, tetapi kami belum merdeka dari Internet," itulah ungkapan dari masyarakat Senayang, yang disampaikan anggota DPRD Lingga, Ahmad Nasirudin saat mendapat amanah membaca Proklamasi di Kecamatan Senayang, Kamis (17/8/2017).

Sebagai Kecamatan yang berdekatan dengan Kota Tanjungpinang dan Bintan, Senayang yang terdiri dari pulau-pulau tersebut sudah bertahun-tahun kesulitan untuk mendapatkan jaringan internet, bahkan jaringan telekomunikasi di wilayah ini juga belum terjangkau secara maksimal.

"Akses internet dan telekomunikasi saat ini bukan lagi suatu hal yang mewah, namun ini menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat," sebut Udin sapaan akrabnya.

"Saya saja baru bisa akses internet setelah pulang dari Senayang," ujarnya kepada BATAMTODAY, Jumat (18/8/17).

Sebagian besar masyarakat Kecamatan Senayang yang rencana wilayahnya akan dimekarkan menjadi empat Kecamatan ini, sangat membutuhkan akses internet untuk menjamin seluruh masyarakat mendapatkan informasi terupdate dan memudahkan kinerja dari ASN Senayang serta para pelaku usaha.

"Kita minta pihak terkait untuk segera mengaktifkan jaringan 3G di Senayang, agar memudahkan komunikasi di wilayah tersebut," sebutnya.

"Dalam waktu dekat kita akan panggil pihak kominfo Lingga untuk menanyakan masalah jaringan seluler di wilayah Senayang sekitarnya, kalau perlu kita (DPRD) akan langsung ke kantor seluler yang ada di batam," imbuhnya.

Persoalan ini menurutya sangat serius untuk dibahas. "Jaringan seluler di wilayah Senayang sudah cukup lama, masyarakat sudah banyak yang menggunakan ponsel canggih, tak cukup sms dan telepon, di sana masyarakat sudah menggunakan internet untuk kebutuhan kerja dan lain sebagainya," jelasnya.

Ia juga berharap agar hal ini mendapat dukungan dari pemilik operator jaringan yang memadai. Bahkan di Senayang sendiri saat ini sudah memiliki satu kantor Dinas yang tentunya sangat membutuhkan akses internet. "Untuk mengirim foto saja tak bisa, apa lagi membuka website, pelajar juga memerlukan jaringan tersebut untuk mencari informasi, ada SMK perikanan, SMA, SMP, MTS dan sekolah lainnya di sini, semua memerlukan peningkatan jaringan seluler tersebut," kata dia.

Kebutuhan akan akses internet di wilayah Senayang ini juga sudah diperjuangkan oleh para Pemuda dan Tokoh masyarakat di Senayang dengan mengunjungi salah satu kantor operator Seluler Telkomsel di Batam. "Mereka membawa permohonan yang ditanda tanggani seluruh masyarakat setempat, meminta pihak operator mengaktifkan 3G di kampung mereka," demikian keluahan masyaraka yang diasampaika Udin.

Sekretaris Camat Senayang, Golbhar juga mengatakan hal yang sama. Pihak operator pernah datang setahun yang lalu, namun sampai hari ini belum ada kepastian. "Teknisinya sudah pernah datang setahun yang lalu, ia mengatakan akan mengaktifkan jaringan dari 2G ke 3G, ya kita senang lah, untuk menunjang aktifitas kerja kita di pemerintah, tapi sampai sekrang belm aktif," sebutnya.

Golhar berharap anggota Komisi II DPRD Lingga ini dapat menyuarakan masalah jaringan ini di tingkat Kabupaten maupun pihak operator seluler. "Kita berharap masalah ini disuarakan di DPRD, Pemkab dan Pemilik operator selular," harapnya.

Editor: Gokli