Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepri Jadi Lokasi Pembekalan Forum Strategi II dan KKDN Seskoal Angkatan 62
Oleh : Redaksi
Selasa | 25-06-2024 | 18:12 WIB
Seskoal-Angkatan-62.jpg Honda-Batam
Pembekalan Forum Strategi II dan KKDN Perwira Siswa Dikreg Seskoal Angkatan Ke-62 TA 2024 bertempat di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad diwakili oleh Sekretaris Daerah Adi Prihantara menghadiri acara Pembekalan Forum Strategi II dan KKDN Perwira Siswa Dikreg Seskoal Angkatan Ke-62 TA 2024 bertempat di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Senin (24/6/2024).

Tema yang diangkat dalam Forum ini yaitu "Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Nasional Guna Menghadapi Ancaman Militer di Kawasan ALKI I Dalam Rangka mendukung Pertahanan Negara di Laut"

Sekda Kepri Adi Prihantara dalam sambutannya berterima kasih sekaligus menyambut baik atas kepercayaan yang diberikan jajaran Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) yang telah memilih Kepri sebagai ajang Pembekalan Forum Strategi II dan KKDN Perwira Siswa Dikreg Seskoal Angkatan Ke-62 TA 2024.

"Kami merasa bangga dan bersyukur pada kesempatan ini melalui Danseskoal yang telah membawa siswanya ke Kepri. Harapan kami nanti ke depan adik-adik generasi muda Angkatan Laut bisa membantu mewujudkan cita-cita provinsi Kepulauan Riau menuju permata biru Indonesia," ujarnya.

Konsep permata biru ungkap Sekda Adi adalah sebuah konsep transformasi ekonomi yang telah dirancang oleh Bappenas bersama Pemerintah Provinsi Kepri dimana laut mensejahterakan darat, sesuai dengan karakteristik Kepri yang terdiri dari 96 persen lautan dan 4 persen daratan.

"Upaya tersebut sebenarnya tidak mudah. Perlu pemikiran dan bantuan dari semua lini dan semua institusi. Karena kewenangan di laut sangat banyak. Konsep dalam memanfaatkan potensi maritim di Kepri, perlu adanya kolaborasi dan kerjasama dari seluruh institusi sehingga dengan kehadiran pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-62 diharapkan dapat membantu Kepri dalam mewujudkan cita-cita Provinsi Kepulauan Riau yang sejahtera. Maju berdaya saing dan berbudaya," harapnya.

Sementara itu Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Fauzi menyampaikan bahwa Perwira Siswa (Pasis) di Seskoal Angkatan Ke-62 ini berjumlah 182 orang, terdiri dari 160 pasis TNI Angkatan Laut, 4 pasis TNI Angkatan Darat, 4 pasis TNI Angkatan Udara, 9 pasis Polri, dan 5 pasis dari mancanegara yaitu Australia, India, Korea, Malaysia, dan Singapura.

"Kegiatan forum strategi tahun ini dilaksanakan di wilayah terpilih yaitu Natuna, Ranai, kemudian Pontianak, Provinsi Bangka, Belitung, Tanjung Pinang, dan Batam. Untuk Kepri, di Tanjung Pinang dan Batam, totalnya ini ada berjumlah 67 pasis," jelasnya

Kepada perwira siswa Danseskoal berpesan agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya disertai rasa tanggung jawab yang tinggi. Selain itu, agar mendapatkan data informasi kondisi sumber daya nasional yang ingin dihimpun juga dapat mendorong terwujudnya kesadaran dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bela negara di kalangan masyarakat.

"Saya memohon bantuan kepada pemerintah daerah agar memberikan data dan masukan seluas-luasnya, sebanyak-banyaknya kepada perwira siswa agar kajian-kajian yang akan dilakukan oleh perwira siswa ini akan bermanfaat. Bermanfaat di masa ketika mereka nanti akan menjadi pemimpin dan ikut mendorong pembangunan wilayah Provinsi Kepri," tutupnya.

Turut hadir Dosen Utama Operasi Kolonel Marinir Firman Johan, Dosen Utama Strategi Kolonel Marinir Achmad Socphan, dosen Utama Imu Pengetahuan dan Teknologi Kolonel Laut Zulkifli, serta beberapa Kepala OPD Provinsi Kepri.

Editor: Yudha