Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polri Siapkan 200 Calon Polisi Tangkal Kejahatan Siber di SPN Cisarua Jawa Barat
Oleh : Hadli
Kamis | 10-08-2017 | 11:38 WIB
pembukaan-SPN-Kepri-00.gif Honda-Batam
Kapolda Kepri, Irjen Pol Sam Budigusdian memotong rambut seorang calon Birgadir di SPN Tanjung Batu, Karimun sebagai tanda pembukaan pendidikan Bintara TA 2017/2018. (Dok Humas Polda Kepri)

BATAMTODAY COM, Batam - Tahun ini, Polri mempersiapkan 10.150 peserta didik yang profesional, modern, dan terpercaya. Dari jumlah itu, sebanyak 200 orang dengan latar belakang keahlian IT akan dididik khusus di SPN Cisarua Polda Jawa Barat.

Hal itu, disampaikan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian melalui Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian saat memimpim pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2017/2018 di SPN Polda Kepri, Tanjung Batu, Rabu, 9 Agustus 2017.

"Perkembangan tantangan tugas Polri ke depan akan semakin berat. Era globalisasi yang terjadi dengan cepat, telah memunculkan berbagai dinamika kejahatan berdimensi baru, yang diiringi dengan potensi terjadinya gangguan Kamtibmas pada berbagai bidang kehidupan masyarakat," kata Kapolda.

Upacara pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2017/2018 di hadiri unsur FKPD Provinsi Kepulauan Riau, Wakapolda Kepri, Para pejabat utama dan Kapolres/TA jajaran Polda Kepri, Unsur FKPD Kabupaten Karimun, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Adat Tanjung Batu Kabupaten Karimun.

"Realitas tantangan tugas ke depan, harus mampu diatasi oleh Institusi Polri, agar stabilitas keamanan dalam negeri dapat tetap terjaga. Untuk itu, Polri harus didukung oleh sumber daya manusia Polri yang Profesional, Berintegritas, dan mampu menguasai bidang tugasnya. Salah satu upaya Polri, guna mewujudkan SDM Polri yang berkualitas adalah melalui penyelenggaraan Diktuk Bintara Polri yang saudara-saudara laksanakan saat ini," ujar Sam.

Program pendidikan yang diselenggarakan, tambah Sam, dapat menjadi media yang optimal dalam mentransfer pengetahuan dasar Kepolisian, wawasan keilmuan, maupun pembinaan keterampilan khas Polri kepada seluruh peserta didik agar output yang dihasilkan benar-benar memenuhi standar kualitas yang diharapkan.

"Begitu pula halnya dengan seluruh peserta didik, saya mengingatkan agar saudara dapat dengan sungguh-sungguh dan penuh keseriusan dalam mengikuti seluruh program pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada kalian," terang Sam.

Sam mengatakan, berbagai pengetahuan, keterampilan, serta penguasaan tehnis dan taktis profesi Kepolisian yang akan diberikan nantinya, akan sangat berguna bagi pelaksanaan tugas saudara di medan pengabdian yang sesungguhnya.

Pada Tahun Anggaran 2017/2018 Jumlah Pendaftaran Bintara Polri tugas umum di panda Polda Kepri yang berhasil di veritifikasi sejumlah 1.199 orang. Dari hasil sidang terbuka penetapan kelulusan akhir Bintara Polri tugas umum yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 5 Agustus 2017 di Polda Kepri terdapat 239 Calon Siswa yang terpilih sampai dengan tahap akhir.

Kemudian yang dinyatakan terpilih mengikuti pendidikan Bintara Polri di SPN Polda Kepri, Tanjung Batu sebanyak 227 Siswa Bintara Polri.

"Selama kurang lebih 7 bulan ke depan, saudara akan mengikuti pendidikan yang dilaksanakan di Sepolwan Lemdiklat Polri, Pusdik Binmas, Pusdik Sabhara, serta pada 29 SPN jajaran Polda. Khususnya pada tahun 2017 ini," jelas Sam.

Editor: Gokli