Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kembangkan Ekonomi Daerah Lewat UMKM, DPD RI Jalin Kerja Sama dengan Kadin
Oleh : Irawan
Jum\'at | 21-07-2017 | 18:26 WIB
DPD-RI-MoU.gif Honda-Batam

PKP Developer

DPD RI menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kadin Indonesia versi Eddy Ganefo (Foto: Surya)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - DPD RI menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kadin Indonesia versi Eddy Ganefo, dalam rangka pengembangan ekonomi daerah melalui pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

UMKM dianggap sebagai salah satu pilar perekonomian, sehingga melalui pemberdayaan UMKM, pembangunan ekonomi di daerah akan dapat terwujudkan.

Penandatanganan MoU ini dilakukan dalam Sidang Paripurna ke-13 Masa Sidang V di Jakarta, Jum'at (21/7/2017), oleh Ketua Komite II Parlindungan Purba yang mewakili DPD RI dan Eddy Ganefo selaku Ketua Kadin Indonesia.

Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, mengatakan Nota Kesepahaman Bersama tersebut merupakan tindak lanjut audiensi Kadin dengan Ketua DPD RI, Oesman Sapta, pada 10 Juli 2017 lalu.

Kerja sama ini juga diharapkan akan memberikan sumbangsih DPD RI dalam pengembangan perekonomian kerakyatan yang menjadi salah satu bidang tugas Komite II.

"Semoga melalui nota kesepahaman bersama ini, dapat memperkuat substansi produk legislasi DPD RI dalam mengakselerasi pengembangan UKM, pasar-pasar lokal dan pasar tradisional yang dibahas melalui Komite II. Sehingga ekonomi daerah semakin siap menghadapi tantangan global," katanya.

Nono berharap melalui MoU ini percepatan pembangunan daerah dapat terwujudkan melalui pemberdayaan peran pengusaha kecil menengah.

"DPD RI juga berharap, nota kesepahaman ini akan memperkokoh langkah yang dilakukan Kadin, dalam membina dan memberdayakan pengusaha kecil menengah. Pada akhirnya nota kesepahaman ini diharapkan mampu memperkuat postur ekonomi ditingkat akar rumput," ucap Senator dari Provinsi Maluku ini.

Sedangkan Ketua Kadin Indonesia, Eddy Ganefo, menjelaskan bahwa penandatanganan MoU ini merupakan bentuk kerja sama antara DPD RI dengan Kadin Indonesia, dalam meningkatkan pembangunan dunia usaha untuk kesejahteraan daerah.

Melalui penandatanganan MoU ini diharapkan ada sinergi antara DPD RI, pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Kadin dalam mengembangkan daerah melalui pengembangan UMKM di daerah.

"DPD RI bersama Kadin bisa mendorong Pemda dan Kadin di daerah untuk menindaklanjuti nota kesepahaman hari ini. Agar UMKM tumbuh dan berperan dalam perekonomian. Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan langkah awal dan diperlukan langkah teknis untuk merealisasikannya," kata Eddy Ganefo.

Editor: Udin