Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Sayur Naik, Bawang dan Cabai Mulai Turun
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 05-06-2017 | 09:17 WIB
pasar-013.gif Honda-Batam
Aktivitas pedagang dan pembeli di pasar Tradisional Barek Motor Kijang, Bintan. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Harga sayur-mayur di pasar Tradisional Barek Motor Kijang, Kecamatan Bintan Timur pada Senin (5/6/2017) mengalami kenaikan. Namun, bawang dan cabai yang sempat meroket mulai mengalami penurunan harga.

Ratna, salah seorang pedagang di pasar Trandisional Barek Motor Kijang menyampaikan kenaikan harga sayur-mayur tidak terlalu signifikan. Tetapi, kenaikan itu akan mempengaruhi tingkat pembelian.

"Kenaikan rata-rata Rp5-6 ribu per kilogramnya," ujar dia.

Dikatakan Ratna, sayur bayam dari Rp8 ribu naik menjadi Rp14 ribu/kg, begitu juga dengan kacang panjang dari Rp8 ribu menjadi Rp14 ribu.

Terpisah, Mustafa, pedagang lainnya membenarkan harga sayuran mengalami kenaikan. Hanya saja, sambungnya harga bawang dan capai mengalami penurunan.

"Harga sayur naik sedikit, tetapi harga bawang dan capai turun," kata dia.

Untuk cabai merah dari Rp45 ribu/kg sekarang menjadi Rp33 ribu, sementara bawang putih dari Rp55 ribu menjadi Rp40 ribu. "Cabai dan bawang turun sekitar Rp12-15 ribu," imbuhnya.

Masih kata Mustafa, di bulan Ramadhan ini kunjungan pembeli di pasar tersebut mulai rapai sekitar pukul 10.00 WIB. Kendati ramai, penghasilan pedagang, kata Mustafa tetap normal, belum ada peningkatan maupun penurunan.

"Sejauh ini masih normal, namun ada para pembeli mengeluh kenaikan harga sayuuran ini," tutupnya.

Editor: Gokli