Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tarif Pass Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Naik Per 1 Juni

Gubernur Minta Pelindo Maksimalkan Fasilitas dan Pelayanan Sebelum Naikkan Tarif
Oleh : Ismail
Senin | 29-05-2017 | 18:02 WIB
Nurdin-dan-GM-Pelindo.gif Honda-Batam
Gubernur Kepri dan GM Pelindo Tanjungpinang sedang berbincang beberapa waktu lalu (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Tanjungpinang berencana menaikkan pass masuk Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura per 1 Juni 2017 mendatang. Pelindo beralasan kenaikan pass masuk tersebut dinilai wajar, karena pihaknya sudah melakukan peningakatan pelayanan berupa membangun beberapa fasilitas di Pelabuhan Sri Bintan Pura.

General Manager PT Pelindo Cabang Tanjungpinang, I Wayan Wirawan, mengatakan, pihaknya tetap akan menaikkan tarif per 1 Juni. Ia menyebut, untuk menaikkan tarif masuk tersebut, pihaknya sudah melakukan sosalisasi kepada masyarakat.

Saat ini, pass masuk pelabuhan internasional sebesar Rp15 ribu akan mengalami kenaikan menjadi Rp50 ribu per 1 Juni mendatang.

"Intinya, Pelindo berupaya untuk meningkatkan pelayanan sesuai keinginan masyarakat, meskipun pelabuhan saat ini sedang dalam pembangunan. Ini upaya kita," katanya.

Sementara itu, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengaku kaget mendegar kabar PT Pelindo berencana menaikkan tarif per 1 Juni mendatang. Menurutnya, sebagai suatu lembaga usaha yang bergerak di sektor jasa di wilayah Kepri, Pelindo seharusnya melibatkan pemerintah daerah dan berkoordinasi dengan Gubernur dalam membuat inovasi baru dan menyangkut masyarakat secara luas.

"Nanti saya panggil dulu pimpinannya. Minimal koordinasi dulu apa alasannya menaikkan," terang Nurdin, usai menghadiri paripurna DPRD Kepri, Senin (29/5/2017). "Saya tak tau mana satu yang naik, maka nanti saya pasti panggil," tambahnya.

Dikatakan mantan Bupati Karimum ini, Pelindo boleh saja menaikkan tarif pass pelabuhan asalkan sudah memaksimalkan fasilitas yang ada di pelabuhan.

"Kecuali pembangunan sudah selesai dan pelayanan sudah baik, pass pelabuhan naik itu wajar. Tapi, dengan kondisi sekarang seperti ini, apa wajar pas pelabuhan naik?" tambahnya lagi.

Editor: Udin