Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kembang Api dan Petasan Jadi Mainan Favorit saat Ramadhan
Oleh : CR-15
Senin | 29-05-2017 | 14:14 WIB
kembang-api1.gif Honda-Batam
Penjual kembang api di Tanjunguban saat Ramadhan. (Foto: CR-15)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Tak dipungkiri kembang api dan petasan masih menjadi mainan primadona pada bulan Ramadhan. Tak hanya anak-anak, kalangan remaja hingga dewasa juga sangat menyukainya.

Seperti bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, para penjual kembang api pun terlihat mulai menjajakan dagangan di Kawasan Tanjunguban. Kembang api biasanya hanya dijual pada momen-momen tertentu saja seperti saat bulan Ramadhan hingga Lebaran, Natal, Tahun Baru dan hari besar lainnya.

Rahmat, salah seorang penjual kembang api di Tanjunguban mengatakan, hasil berjualan kembang api pada bulan Ramadhan lumayan laris. "Alhamdulillah, penjualan kembang api di bulan Ramadhan ini dapat menambah penghasilan saya dan keluarga," ungkapnya, Senin (29/5/2017).

Menurutntya, menjual kembang api merupakan kegiatan tambahan di bulan ramadhan dan hari-hari tertentu. "Saya hanya berjualan kembang api pada hari tertentu saja. Sehari-harinya saya berjualan kaset VCD, topi, kacamata fashion dan berbagai aksesoris," ujar Rahmat.

Sementara, Imam, salah seorang pembeli mengungkapkan kalau dirinya beli kembang api untuk anaknya. Biasa dipakai malam hari usai buka puasa. "Saat bulan puasa, setiap lewat tempat yang menjual kembang api anak saya pasti minta dibelikan. Makanya kadang saya beli agak banyak buat stok dirumah. Tapi tetap saat dampingi saat bermain," bebernya.

Ada berbagai jenis kembang api yang dijual dengan berbagai ukuran. Saat memainkannya, Anda tetap harus waspada. Lihatlah kondisi sekeliling sebelum menghidupkan kembang api. Serta selalu dampingi anak dibawah umur saat bermain kembang api.

Editor: Yudha