Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

102 Siswa Dikmata TNI AL Angkatan 44 Satdik 1 Kodiklatal Tanjung Uban Dilantik
Oleh : Harjo
Kamis | 04-07-2024 | 11:04 WIB
pelantikan_siswa-al.jpg Honda-Batam
102 Siswa Dikmata Satdik 1 Kodiklatal Tanjung Uban, menjadi Kelasi Dua, secara resmi dilantik oleh Komandan Kodiklatal Letjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, Kamis (4/7/2024) pagi (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sebanyak 102 Siswa Dikmata Satdik 1 Kodiklatal Tanjung Uban, menjadi Kelasi Dua, secara resmi dilantik oleh Komandan Kodiklatal Letjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, Kamis (4/7/2024) pagi.

Dari 102 siswa yang dilantik terdiri daro, kejuruan listrik sebanyak 33 orang, kejuruan angkuta. Sebanyal 29 orang dan kejuruan tata usaha sebanyak 40 orang.

Penyumpahan siswa tersebut, merupakan penyumpahan yang dilaksanakan ke 4 selama Satdik 1 Tanjung Uban diresmikan.

Par prajurit yang baru dilantik berasal.dari beberapa wilaya, diantaranya Aceh, Sumatera, Kalimantan dan Kepulauan Riau.

Dari Lantamal.I Belawan, Sabang, Simelue, Lhoksomawe dan Tanjung Balai Asahan. Lantamal II Padang, terdiri Sibolga, Bengkulu dan Nias.

Lantamal IV Tanjujgpinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, Dabo Singkep, Tarempa. Ranai dan Bintan.

Lalu, Serya Lantamal XII Pontianak, Pemangmat, Singlawang, Midai, Jemaja dan Tambelan.

Dalam sambutannnya, Letjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, dalam upacara pelantikan dan Pengambilan Sumpah Siswa Dikmata Angkatan XLIV Tahun 2024.

Dengan rasa bahagia dan bangga mengucapkan selamat dan sukses atas pelaktikan saudara menjadi Tamtama TNI Angkatan Laut dengan pangkat Kelasi Dua.

"Semoga Pendidikan Dasar Keprajuritan saudara yang Tanggap, Tanggon dan Terginas, serta memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang siap dikembangkan dalam pendidikan dasar golongan lanjutan yang akan di laksanakam selama dua bulan di Satdik 1," harapnya.

Dikatakan, melalui sumpah di ucapkan, siswa secara resmi telah menjadi Prajurit TNI AL, untuk itu saudara telah berjanji kepada Tuhan YME, Allah SWT untuk menjalankan segala kewajiban sebagai seorang prajurit Jalasena, dengan penuh tanggung jawab tunduk pada hukum dan memengang teguh disiplin keprajuritan yang di landasi oleh jiwa sapta marga, sumpah prajurit dan Trisila TNI AL.

"Keberhasilan menyelesaikan pendidikan, ini tidak boleh membuat saudara saudara larut oleh kebangaan menjadi prajurit TNI AL. Karena meskipun sudah menyandang pangkat, namun status saudara masih sebagai siswa yang harus menyelesaikan semua tugas pendidikan tahap dasar golongan lanjutan dengan sebaik baiknya," tegasnya.

Dalam pendidikan dasar golongan lanjutan, nanti para siswa akan di bekali dengan pengetahuan, serta ketrampilan profesi matra laut, sesuai dengan korp dan kejuruhan masing-masing.

Sehingga harus mingkatkan kualitias keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT sebagai landasan moral dalam mental dalam mengikuti pendidikan.

Selanjutnya, melaksanakan semua norma peraturan dan tata tertib pendidikan yang berlaku di lingkungan Satdik-1 Kodiklatal, dengan tetap berpedoman pada Sapta marga, sumpah prajurit dan Trisila TNI AL.

Melaksanakan setiap tugas dengan penuh tanggung jawab dan disiplin yang tinggi guna mendukung kelancaran selama mengikuti pendidikan dasar golongan.

Menumbuhkan kebanggan jiwa korsa dan kepedulian antar sesama siswa yang telah terbentuk dengan saling membantu dan mengatasi setiap problem pendidikan, mempertahankan dan bina terus kondisi fisik dan mental, serta jaga kesehatan guna mendukung semua tugas tugas pada tahap pendidikan dasar golongan lanjutan.

Dalam pelantikan dN penyumpahan 102 siswa tersebut, selain menghadirkan sejumlah atraksi, acara turut dihadiri oleh, Gurbenur Kepri di wakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dr Arif Fadillah, Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Agus Hariadi.M.(Han), Pangkoarmada I,Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi.M.Tr (Han), Dirdok Kodiklatal, Laksma TNI May Frangky Pasuna Sihombing,CHRMP.

Dirdik Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Askari, Ka Zona Bakamla Barat, Laksamana Pertama TNI Bambang Triyatno.Kapolda Kepri, di wakili Dirairud Polda Kepri,Kombes Pol Trisno Eko Santoso, Kejari Prov Kepri, di wakili Asisten Kejati,Tengku Firdaus, Danlantamal I Belawan di wakili Kadisminpres, Letkol Laut (KH) Yudefri.

Danlantamal II Padang wadan Lantamal II,Kolonel Laut (T) Heri Yuliandi.S.T.,M.T, Danlantamal IV Batam,Laksma TNI TjaturSoniarto, Danlantamal XII Pontianak,Laksamana Pertama TNI Avianto Rooswirawan.

Danrem 033/WP di wakili Kolonel INF Wawan, Dansatdik-1,Kolonel Laut (P) I Gede Merta Yasa, serta sejumlah OPD Bintan, dan para orangtua siswa yang dilantik.

Editor: Surya