Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dalam Rangka Mutasi dan Rotasi, 25 Pejabat Eselon II Pemkab Karimun Ikut Uji Kompetensi
Oleh : Freddy
Senin | 01-07-2024 | 19:32 WIB
Uji-Kompetensi-Karimun1.jpg Honda-Batam
Salah seorang pejabat Eselon II Pemkab Karimu mengikuti uji kompetensi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebanyak 25 Pejabat eselon II atau Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Karimun mengikuti uji kompetensi di ruang Cempaka Putih Kantor Bupati Karimun, Senin (1/7/2024).

Uji kompetensi dilaksanakan dalam rangka mutasi dan rotasi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).

"Ada 25 Pejabat eselon II atau Kepala OPD yang mengikuti uji kompetensi," kata Sekda Karimun, Muhammad Firmansyah, Senin (1/7/2024).

Sekda menyampaikan bahwa uji kompetensi yang diikuti Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Karimun ini sebagai bentuk penyegaran organisasi.

Ia menjelaskan bahwa uji kompetensi ini sebenarnya bagian dari mengulang kembali kemampuan manajerial pejabat eselon II atau meng-update kembali kemampuan dan keterampilan dari pejabat tersebut dalam memimpin OPD yang dipimpinnya saat ini

Ungkap Sekda Karimun, para peserta uji kompetensi tersebut diwajibkan untuk membuat makalah yang harus disampaikan peserta uji kompetensi kepada tim penguji. Nantinya tim penguji akan melihat kesesuaian kompetensi dan kualifikasi dengan jabatan yang diduduki serta inovasi dan strategi apa yang akan dilakukan pejabat tersebut jika nantinya masih akan duduk di jabatannya saat ini.

"Berdasarkan hasil uji kompetensi ini Bupati dapat mempertimbangkan seseorang pejabat tinggi Pratama tersebut akan dipindahkan ke jabatan yang lain yang sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya atau tetap pada jabatan yang dijabatnya sekarang ini," terang Sekda.

Adapun jumlah keseluruhan tim penguji berjumlah 5 orang yakni 2 dari internal yakni Sekda Karimun, Kaban BKPSDM Pemkab Karimun dan 3 dari eksternal.

Dari catatan BATAMTODAY.COM, sekarang ini terdapat dua jabatan yang masih belum terisi dan masih dilaksanakan pejabat pelaksa tugas yakni Dinas Sosial dan Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun.

Editor: Yudha