Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buka O2SN SMA dan SMK, Ansar: Ajang Penting Cari Bibit Unggul Olahraga
Oleh : Redaksi
Sabtu | 29-06-2024 | 18:28 WIB
Ansar-O2SN2.jpg Honda-Batam
Pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMA dan SMK Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024 di One Batam Mall, Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H. Ansar Ahmad secara resmi membuka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMA dan SMK Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024 di One Batam Mall, Batam, Jum'at (28/6/2024).

Gelaran olahraga ini mengusung tema "Merdeka Berprestasi, Talenta Olahraga Menginspirasi" dan melombakan lima cabang olahraga yaitu Pencak Silat, Karate, Bulu Tangkis, Renang, dan Atletik.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar Ahmad menekankan pentingnya event ini bagi pengembangan bakat olahraga di Kepri. "O2SN adalah ajang penting untuk menjaring bibit-bibit unggul olahraga dari seluruh Kepulauan Riau. Ini sejalan dengan misi kita untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehat, dan berdaya saing," ujar Gubernur Ansar.

Gubernur juga menyoroti prestasi atlet Kepri di kancah nasional dan internasional. Tidak hanya Muhammad Ramadhan Sananta di cabang olahraga sepak bola yang mengharumkan Kepri dan Indonesia, namun juga Tengku Muhammad Septiadi Ardiansyah di cabang olahraga e-sport, Agustine Wulandari di cabang olahraga voli, serta Claudions Reco di cabang olahraga kickboxing.

"Kita bangga dengan prestasi putra-putri Kepri di SEA Games Kamboja 2023 lalu. Ini membuktikan bahwa talenta olahraga Kepri mampu bersaing di level tertinggi," tambahnya.

Lebih lanjut, Gubernur Ansar menghubungkan prestasi olahraga dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kepri. Berdasarkan Hasil Long Form Sensus Penduduk (SP) 2020, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2023 mencapai 79,08 poin, meningkat sebesar 0,6 poin atau tumbuh 0,76% dibandingkan capaian tahun 2022.

IPM Kepulauan Riau selalu berada pada status IPM kategori 'tinggi' yang di atas rata-rata IPM Nasional 74,39 poin, menempatkannya sebagai urutan pertama di Pulau Sumatera dan urutan ketiga secara nasional.

"Peningkatan ini membuktikan bahwa sumber daya manusia di Kepulauan Riau mampu bersaing dengan provinsi lain di Indonesia, meskipun Kepulauan Riau merupakan provinsi muda," jelasnya.

O2SN Tingkat Provinsi Kepri diikuti oleh 106 peserta didik yang mewakili tujuh kabupaten/kota. Gubernur Ansar berpesan kepada para peserta untuk menjunjung tinggi sportivitas.

"Bertandinglah dengan semangat juang tinggi, namun tetap jaga sportivitas. Kalian adalah duta terbaik dari daerah masing-masing," pesannya.

Acara pembukaan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Warsita, Tim Percepatan Pembangunan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Andi Agung, para kepala sekolah SMA/MA/SMK se-Provinsi Kepri, serta seluruh peserta O2SN.

O2SN Tingkat Provinsi Kepri 2024 akan berlangsung selama beberapa hari ke depan. Pemenang dari masing-masing cabang olahraga akan mewakili Provinsi Kepri di O2SN Tingkat Nasional.

Editor: Yudha