Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Persiapan Mudik Lebaran, ASDP Punggur Buka Dua Rute Baru
Oleh : Hadli
Senin | 29-05-2017 | 13:38 WIB
ASDP-Punggur1.gif Honda-Batam
Pelabuhan ASDP Punggur. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT ASDP Pelabuhan Punggur Batam membuka dua rute baru menyambut arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2017.

"Rute pertama Punggur ke Dabo dan Kualatungkal. Lalu selanjutnya rute langsung dari Punggur ke Mengkapan, Dumai. Dimana sebelumnya harus singgah dulu di Karimun," kata GM ASDP Telagapunggur, Anis Adinizam, Senin (29/5/2017).

Untuk tujuan Punggur-Dabo-Kualatungkal, Riau sudah dibuka sejak awal April lalu. Namun untuk rute Punggur ke Mengkapan, Dumai masih menunggu persetujuan dari Provinsi Riau.

Rute Batam-Dabo (Lingga) dilayani dengan menggunakan kapal Sembilah. Lalu Dabo ke Kualatungkal (Jambi) menggunakan kapal KM Murai. untuk rute Batam ke Mengkapan, Dumai akan dilalui oleh Kapal KM Lome.

"Rute ke Dumai sebelumnya sudah ada tapi karena harus dahulu transit ke Karimun jarak tempuh semakin lama," ujarnya.

Anis Adinizam mengatakan bahwa satu rute sudah jalan semenjak akhir April lalu. Sedangkan satu rute lainnya, menunggu persetujuan dari pihak Provinsi Riau. "Rute pertama itu Punggur-Dabo-Kualatungkal. Lalu selanjutnya rute langsung dari Punggur ke Mengkapan, Dumai. Dimana sebelumnya harus singgah dulu di Karimun," katanya.

Ia mengatakan rute Batam, Dabo (Lingga) dilayani dengan menggunakan kapal KM Sembilah. Lalu Dabo ke Kualatungkal (Jambi) dengan menggunakan kapal KM Murai. "Kapalnya gak sama, tapi tetap yang kelola ASDP," tuturnya.

Dengan adanya rute langsung Batam-Dumai ini, diharapkan dapat membantu dan mempersingkat waktu perjalanan. Kapal KMP Lome dapat menampung sebanyak 200an penumpang dan puluhan kendaraan roda empat, puluhan sepeda motor.

"Kalau tak ada rintangan Insya Allah dalam 2 minggu ke depan akan kami luncurkan," tutur Anis Adinizam.

Editor: Yudha