Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banjir di Piayu Sepaha Orang Dewasa
Oleh : Yosri Nofriadi
Jum'at | 26-05-2017 | 17:26 WIB
banjir-di-Piayu.gif Honda-Batam
Di pintu IV Bidaayu sampai Simpang Bagan, genangan air sudah mencapai sepaha orang dewasa. Arus yang deras membuat banyak pengguna jalan takut untuk melintas. (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY. COM, Batam - Banjir di Sei Beduk belum jua teratasi. Setiap hujan deras, drainase utama selalu meluap. Hujan yang mengguyur Batam pada Jumat (26/5/2017), juga menyebabkan banjir. Akibatnya, jalan S Parman, tepatnya mulai dari SMPN 16 Sei Beduk hingga Simpang Bagan terendam "teh susu".

Di pintu IV Bidaayu sampai Simpang Bagan, genangan air sudah mencapai sepaha orang dewasa. Arus yang deras membuat banyak pengguna jalan takut untuk melintas.

Banyak kendaraan roda dua dan roda empat yang mogok akibat nekat menerjang banjir. Tidak hanya jalan raya, Rusun Anggrek dan Perumahan Pondok Graha dan, GMP juga terendam.

"Sudah jadi langganan di Piayu ini banjir," sebut Anto, warga Blok R Bidaayu, Sei Beduk.

Banjirnya lokasi ini disebabkan buruknya saluran drainase. Saluran drainase kerap tersumbat sampah yang ikut hanyut di arus air. Lumpur dari pengerjaan pematangan lahan di Mangsang juga membuat dangkal  drainase.

Buruknya drainase di Sei Beduk juga tampak di sisi kanan jalan Simpang IV Bidaayu menuju Mangsang. Selain sudah terjadi pendangkalan, drainase yang sudah lama tidak dibersihkan ini juga telah ditumbuhi rumput.

"Lihat ini jalan aspal sudah banyak berubang," ujar Maya, warga Perumahan GMP, Sei Beduk.

Camat Sei Beduk, Sains Taufik Riyadi juga turun untuk memantau lokasi banjir ini. Ia juga membenarkan jika intensitaa hujan yang deras tidak sanggup ditampung oleh drainase utama Kecamatan Sei Beduk.

"Ini titik-titik banjir juga bertambah dari biasanya. Banyak perumahan yang kena banjir," ujarnya.

Banjir, lanjutnya, juga disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah. Akibatnya, saluran drainase menjadi mampet.

"Drainase kita ini kan belum lama ini sudah kita bersihkan juga. Kita akan lakukan normalisasi saluran air. Kita akan bekerja sama dengan dinas terkait," ujarnya lagi.

Editor: Udin