Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Serapan Naker Lokal Masih Rendah

60 Persen PAD Bintan dari Sektor Pariwisata
Oleh : Harjo
Sabtu | 20-05-2017 | 15:02 WIB
bintan-triatlon1.gif Honda-Batam
Pelepasan peserta Bintan Triathlon, Sabtu (20/5/2017). (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Bupati Bintan Apri Sujadi menyampaikan, sektor pariwisata Bintan merupakan penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar mencapai 60 persen. Sehingga Pemkab terus menggalakkan event pariwisata dan olahraga.

"Pariwisata merupakan unggulan untuk penyumbang PAD Bintan," kata Apri, Sabtu (20/5/2017).

Tidak dapat dipungkiri, Bintan memiliki alam yang indah tak kalah dengan daerah lain. Sehingga Bintan mendeklarasikan sebagai salah satu destinasi pariwisata.

Sehingga untuk lebih memaksimalkan kunjungan wisatawan, Bintan terus berbenah termasuk dalam bidang keamanan sebagai salah satu kunci meningkatkan kunjungan wisata.

"Merupakan tanggungjawab seluruh elemen masyarakat Bintan untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban daerah. Mengingat isu masalah keamanan sangat berdampak buruk bagi dunia pariwisata," katanya.

Selain itu, persoalan yang tidak kalah penting adalah kesiapan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Bintan sendiri agar bisa bersaing dengan orang luar. Mengingat hingga saat ini, serapan tenaga kerja lokal masih pada level menengah ke bawah.

"Pemerintah daerah akan terus memberikan suport terhadap dunia pendidikan sebagai persiapan masyarakat atau generasi muda guna mengisi peluang pasar kerja sektor pariwisata," terang Apri.

Menurutnya, salah satu tindakan peningkatan kwalitas SDM adalah mengaktifkan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Bintan. Juga membangun kerjasama dengan perguruan tinggi di Kepri atau daerah lainnya.

"Perlu terobosan, warga lokal tidak hanya bekerja sebatas cleaning service atau hanya sebatas menengah kebawah. Kedepan harus bisa meningkatakan daya saingnya," pungkasnya.

Editor: Yudha