Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Parkir di Kawasan Barelang Perlu Ditata
Oleh : Gokli/Dodo
Kamis | 27-10-2011 | 16:18 WIB
Jembatan_Barelang.jpg Honda-Batam

Jembatan Barelang yang semrawut lantaran banyaknya kendaraan yang parkir di atas jembatan.

BATAM, batamtoday - Semrawutnya kendaraan yang parkir di kawasan Jembatan Barelang membuat kawasan tersebut perlu ditata dan butuh penempatan juru parkir untuk menata kendaraan.

Keterangan dari beberapa warga di sekitar jembatan I Barelang setiap harinya banyak kendaraan yang diparkir sembarangan di atas jembatan, sehingga sering menyebabkan kemacetan.

"Itu baru hari-hari biasa, kalau pas hari Sabtu, Minggu dan hari libur kepadatan sangat terasa sekali," ungkap Karman salah satu warga saat ditemui batamtoday, Kamis (27/10/2011).

Karena kemacetan tersebut, kata Karman, Pemerintah Kota Batam perlu menertibkan parkir di atas jembatan tersebut. Parkir di atas jembatan harus dilarang dan untuk meningkatkan pendapatan daerah bisa saja dilakukan pemungutan retribusi parkir dengan membangun kawasan parkir kendaraan di sekitar jembatan.

"Jangan parkir di atas jembatan. Bisa aja disuruh parkir di lokasi sebelum jembatan atau sesudah jembatan. Dengan begitu juru parkir bisa melakukan pemungutan retribusi untuk pendapatan daerah," kata Karman.

Selain Karman, warga lainnya juga menyebutkan karena banyaknya kendaraan yang parkir sembarangan di atas jembatan, sering terjadi kemacetan bahkan para kendaraan yang melintas di jalan tersebut kadang hampir menabrak kendaraan lain yang sedang parkir.

"Harusnya kendaraan tidak diperbolehkan parkir di atas jembatan, maunya di buat tempat parkir sebelum jembatan atau sesudah jembatan, dan perlu diadakan juru parkir untuk memungut retribusi," ujar Pangihutan, salah seorang pemilik warung sebelum jembatan senada dengan Karman.

Pantauan batamtoday di daerah jembatan I Barelang ini, memang banyak kendaraan yang parkir sembarangan di pinggir jembatan, karena hal tersebut bahu jalan semakin sempit dan bisa jadi membuat kemacetan.

"Sekarang masih terlihat sepi mas, kalau hari libur jembatan ini penuh kendaraan yang parkir. Yah, otomatis sudah pasti macet," papar Sony warga Batuaji yang kebetulan melintasi jembatan tersebut.