Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diselundupkan dari Hongkong

Polisi Spanyol Temukan Narkoba Sintetis, 80 Kali Lebih Kuat dari Black Mamba
Oleh : Redaksi
Minggu | 16-04-2017 | 10:00 WIB
ganja.jpg Honda-Batam

Ilustrasi ganja (black mamba)

BATAMTODAY.COM, Spanyol - Polisi Spanyol berhasil mengungkap adanya jenis narkoba yang disebut 80 kali lebih kuat dibandingkan ganja. Narkoba itu jenis narkoba sintetis. Narkoba jenis baru itu mirip dengan Spice dan Black Mamba yang disebut "zombie drug" atau ganja biasa

Dilansir kantor berita AFP, Sabtu (15/4/2017), pengungkapan itu berawal dari penangkapan 2 orang, yang disebut berkewarganegaraan Inggris, yang menyelundupkan setumpuk narkoba itu di dalam karung berisi kopi ke kota bagian tenggara Alicante. Polisi menyebut narkoba itu disimpan dalam paket yang terstempel berasal dari Hongkong.

Dua orang itu, yang disebut berusia 36 tahun dan 37 tahun, kemudian ditahan. Polisi tidak menyebutkan kapan tepatnya 2 orang itu ditangkap.

Namun pihak berwenang telah melakukan investigasi terhadap penyelundupan narkoba via bandara Alicante sejak bulan lalu. Penyelidikan itu mengarah ke sebuah bar yang populer di kalangan warga Britania Raya, El Campello.

Polisi melakukan penangkapan pertama kali di lokasi yang berada di luar Alicante itu. Beberapa hari kemudian, penangkapan dilakukan di bandara. . Mereka diduga menerima narkoba yang diselundupkan itu.

Polisi menyebut harga 12,2 kilogram narkoba itu sekitar 3,5 juta euro atau sekitar USD 3,2 juta atau sekitar Rp 42,5 miliar.

Pemeriksaan terhadap narkoba itu menunjukkan bila jenis itu lebih kuat dari ganja. Efek penggunaan terhadap tubuh disebutkan "80 kali lebih kuat dari 1 gram ganja".

Seorang juru bicara polisi menyebutkan cara mengonsumsi narkoba jenis tersebut adalah dengan melarutkannya di dalam air kemudian disemprot ke sebatang rokok.

Polisi menyebut narkoba sintetis yang ditemukan lebih kuat 80 kali dari ganja biasa termasuk "zombie drug". Narkoba jenis baru itu mirip dengan Spice dan Black Mamba yang disebut "zombie drug".

Editor: Surya