Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jalan Berdebu, Warga Mengeluh Terserang Batuk
Oleh : Gokli/Dodo
Senin | 24-10-2011 | 13:34 WIB
Jalan-Berdebu.gif Honda-Batam

Jalan berdebu di antara Simpang Hutatap dan Pasar Mandalay Batuaji yang sangat meresahkan warga. (Foto: Gokli)

BATAM, batamtoday - Warga di sekitar Simpang Hutatap sampai Pasar Mandalay mengeluh lantaran banyak debu yang beterbangan saat kendaraan melintas di jalan beton yang belum rampung.

 

Pembangun jalan beton ini memang belum rampung, namun masih tetap berlangsung, karena hal itu kendaraan yang melintasi jalan tersebut setiap harinya menimbulkan banyak debu. Akibatnya, warga yang tinggal di sekitar jalan sudah mulai terserang penyakit batuk dan membuat warga resah.

Menurut keterangan warga pada saat cuaca panas seperti ini setiap kendaraan yang lewat pasti menimbulkan banyak debu, bahkan terkadang jalan ini hampir seluruhnya diselimuti debu yang beterbangan.

"Kalau cuacanya panas jalan ini pasti diselimuti debu, tetapi kalau cuaca hujan jalan ini pasti berlumpur," kata Situmorang salah satu warga kepada batamtoday, Senin (24/10/2011).

Pembangunan jalan beton tersebut, kata dia memang sangat perlu dimana dulu sebelum jalan beton ini diadakan, jalan tersebut sudah sangat parah selain berlubang. Jalan tersebut juga banyak batu-batu kecil yang sering membuat para pengendara terpeleset.

"Pembangunan jalan beton ini memang sudah bagus, akan tetapi kalu cuaca panas begini setidaknya dilakukan penyiraman, biar debu di jalan tidak beterbangan," harap Situmorang.

Pantauan batamtoday saat ini dilokasi, nasib warga di sekitar jalan ini memang sangat memprihatinkan, dimana debu tersebut selain menyelimuti jalan dan  mengganggu pernapasan.

Jelas terlihat seperti pada gambar, saat salah satu mobil berat melintas banyak debu yang beterbangan, dan pengendara yang berada di belakang mobil ditutupi debu tersebut.