Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ASEAN Fair 2011

Ajang Ekonomi Kreatif Digelar di Bali
Oleh : sn
Senin | 24-10-2011 | 10:22 WIB

NUSA DUA, batamtoday - Sejak hari ini hingga sebulan ke depan, Indonesia menggelar ASEAN Fair 2011 yang bertujuan untuk memperkuat persaudaraan dan kesatuan negara anggota menuju satu komunitas di kawasan tersebut.

"Sebagai Ketua ASEAN, berinisiatif menggelar kegiatan ini untuk memamerkan budaya dan ekonomi kreatif," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu saat jumpa pers di Nusa Dua, Minggu (23/10/2011).

Dalam pameran ini akan ditampilkan industri kerajinan, fashion, hingga seni pertunjukan. "Ini menjadi potensi yang bisa membuka mata masyarakat dunia, untuk meningkatkan persepsi dunia tentang potensi yang dimiliki ASEAN," ujarnya.

ASEAN Fair akan memperlihatkan wajah ASEAN yang menggambarkan keanekaragaman kekayaan warisan budaya, sejarah masyarakatnya yang menjadikan negara anggota satu komunitas.

Hal itu sesuai visi ASEAN yang dicetuskan pada 2009, yakni mewujudkan kawasan ini sebagai satu komunitas. Ajang yang rencananya akan dibuka Senin (24/10/2011) ini oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Dipilihnya Bali sebab Pulau Seribu Pura ini selain dikenal destinasi dunia juga memiliki fasilitas dan infrastruktur yang memadai untuk perhelatan internasional.

"Melalui kegiatan ini akan semakin memantapkan kerja sama antarnegara anggota terutama untuk pilar ketiga atau komunitas sosial budaya," ucap Mari yang menjadi Wakil Ketua Pelaksana Tim Koordinasi Persiapan dan Pelaksanaan Tim ASEAN Fair.

Kegiatan yang menelan dana Rp 50 milyar ini, didukung 17 kementerian terkait dan semua anggota serta negara-negara Asia Timur lainnya.