Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ASN Sebagai Motor Nilai-nilai Kebangsaan
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 24-03-2017 | 14:04 WIB
djasarmen-purba-sosialisasi1.jpg Honda-Batam

Anggota MPR Djasarmen Purba saat sosialisasi 4 Pilar di Kantor Camat Seibeduk. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dapil Provinsi Kepulaun Riau, Djasarmen Purba, SH kembali menyosialisasi MPR RI bersama paratur sipil Negara(ASN) dan Tokoh masyarakat di Kantor Camat Sei Beduk, Rabu (22/3/2017).

Dalam kesempatan ini, Djasarmen Purba menekankan, salah satu upaya efektif dalam hal sosialisasi 4 Pilar adalah adalah dengan memberlakukan kembali mata pelajaran pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila(P4K) ditingkat pendidikan dasar dan menengah. Hal ini mengingat nilai-nilai kebangsaan sangat penting karena nilai-nilai kebangsaan saat ini mulai menipis oleh gerusan budaya luar.

"Ini salah satu upaya untuk mengembalikan hal itu," tegas Djasarmen. "P4 Harus dipelajari kembali secara wajib pada anak-anak didik bangsa di seluruh nusantara.” imbuhnya.

Djasarmen mengatakan, badan sosialisasi 4 pilar MPR RI pada momentum sosialisasi 4 pilar kali ini sengaja mengundang peserta yang mayoritas aparatur sipil Negara (ASN) dari berbagai Kelurahan di Lingkungan Kecamatan Seibeduk, perangkat RT dan RW dan tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Dengan komposisi peserta dari unsure Aparatur Sipil Negara(ASN), maka secara efektif maka diharapkan jajaran aparatur sipil negera(ASN) maupun tenaga honorer menjadi lini terdepan, duta-duta pewarta nilai-nilai kebangsaan ditengah masyarakat sehari-hari. ASN memiliki kontak yang inten dengan masyarakat sehari-harinya. Selain itu, mengingat karakter orang Indonesia masih melihat profesi ASN sebagai profesi yang istimewa dan berwibawa ditengah tengah masyarakat.

"Peranan sentral ASN harus dimaksimalkan secara terukur untuk secara terus menerus menjadi contoh dan tauladan penghayatan dan pengamalan nilaia nilai kebangsaan," ujarnya.

Ia berharap sosialisasi soal kebangsaan terus dilakukan berkala karena memang banyak yang masih kurang paham tata cara berbangsa dan bernegara.

Dalam kesempatan ini, rata rata peserta yang memadati Aula Kantor kecamatan Sei beduk, menyatakan opini dan apresiasinya secara positif dengan terselenggaranya acara sosialiasi 4 pilar seperti ini. Sekaligus oleh warga juga dipergunakan sebagai kesempatan untuk menyampaikan berbagai issue-issue, temuan dan permasalahan yang berkaitan dengan kemasyarakatan dan lingkungan, infrastruktur, penyakit masysrakat, tarif listrik dan status kepemilikan lahan bagi warga dengan status hak milik.

Editor: Yudha