Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternak 85 Persen Didatangkan dari Jawa

Harga Kambing Rp1,5 Juta, Sapi Rp10 juta Per Ekor
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Sabtu | 22-10-2011 | 13:48 WIB
hewan_kurban.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Hewan ternak kambing dan sapi untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Kurban di Batam sebanyak 85 persennya berasal dari pulau Jawa. Hingga Sabtu (22/10/2011) ternak kambing yang sudah masuk sebanyak 2.500 ekor. Sedangkan sapi sudah lebih dari 1.000 ekor.

Hal itu dikatakan oleh Kasdi, Ketua Asosiasi Pedagang Ternak (APT) Kota Batam kepada batamtoday.

Dijelaskan Kasdi, hewan ternak yang masuk ke Batam baik itu kambing maupun sapi sekitar 85 persen didatangkan dari Pulau Jawa. Sedangkan sisanya berasal dari Lampung dan Jambi. Namun untuk masuk ke Batam semuanya dikirim via Lampung.

"Saat ini lagi banyak yang masuk. Terakhir masuk hewan ternak tersebut yaitu tanggal 1 Nvovmber," ucapnya.

Untuk harga, Kasdi memaparkan ada kenaikan dari tahun lalu. Harga satu ekor sapi yang layak untuk jadi kurban tahun 2010 lalu rata-rata Rp9 juta, sedangkan tahun ini harganya Rp10 juta per ekor.

"Sedangkan kambing harga per ekor tahun lalu Rp1,2 juta, tahun ini naik menjadi Rp1,5 juta per ekor," ujarnya.

Sedangkan untuk harga pembelian per kilo berkisar Rp65 ribu sampai Rp70 ribu. Kenaikan rata-rata Rp5 ribu dari harga  agen saat beli dari luar daerah. Jika agen beli Rp65 ribu per kilo maka dijual ke masyarakat Rp70 ribu per kilo.

"Pengawasan harga, asosiasi hanya bisa menghimbau kepada agen maupun pedagang agar tidak menjual dengan harga tinggi. Kita akan tetap mengawasi jangan sampai harga naik terlalu jauh," ungkap Kasdi.