Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sapi dan Kambing Lampung Dominasi Hewan Kurban di Batam
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Sabtu | 22-10-2011 | 09:51 WIB
Hewan-kurban-1.gif Honda-Batam

Pedagang hewan kurban bersama dengan ternaknya. Mayoritas hewan untuk kebutuhan kurban tahun ini dipasok dari Lampung. (Foto: Hendra_

BATAM, batamtoday - Meski perayaan hari raya Idul Adha (Lebaran Haji) masih sekitar dua minggu lagi, tetapi hewan kurban sudah banyak didatangkan dan dipasarkan di Batam.

 

Dari ribuan hewan kurban yang didatangkan ke Batam ini, sebagian besar hewan kurban (sapi dan kambing) didominasi dari daerah Lampung. Hewan-hewan tersebut sudah didatangkan sejak dua minggu yang lalu.

"Hewan kurban di Batam didominasi sapi dan kambing dari Lampung," ujar Ali Mustofa, salah satu pedagang hewan kurban di Tembesi Bengkel kepada batamtoday, Sabtu (22/10/2011).

Dia menambahkan, didatangkannya sapi dan kambing dari Lampung karena jarak tempuh yang lebih dekat dengan Batam dan di sana juga merupakan sentra kedua hewan ternak ini secara nasional.

"Selain lebih dekat untuk dapat memasok hewan kurban, faktor kesehatan hewan ternak dari Lampung juga sangat baik," kata lelaki yang telah lebih dari satu dekade berjualan hewan kurban ini.

Harga hewan kurban ini sangat bervariasi menurut jenis dan ukurannya, untuk sapi harga berkisar antara Rp9,5 juta hingga Rp25 juta. Sedangkan kambing harga jualnya dari Rp1,3 juta hingga Rp3 juta.

"Paling mahal itu sapi jenis metal dan PO, harganya mencapai Rp25 juta," terangnya.

Untuk lebaran haji kali ini, Ali Mustofa sedikitnya mendatangkan 500 ekor kambing dan 100 ekor sapi untuk memenuhi kuota hewan kurban Batam. Itu belum termasuk pengusaha lain yang ada di daerah Sei Temiang, Batu Besar dan Nongsa.