Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kejar Target e-KTP

Mendagri Minta Bupati/Walikota Berikan Avanza kepada Para Camat
Oleh : Surya
Selasa | 18-10-2011 | 19:52 WIB

JAKARTA, batamtoday-Mendagri Gamawan Fauzi meminta Bupati/Walikota memberikan hadiah mobil Toyota Avanza kepada para camat yang sukses melaksanakan penerapan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di wilayahnya. Sedangkan untuk para Bupati/Walikota akan diberikan penghargaan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai kepala daerah yang siap menerapkan e-KTP di wilayahnya.

"Saya tidak melarang kalau ada bupati/walikota yang memberikan hadiah mobil Avanza kepada para camat, seperti di Sumatera Barat. Itu kita dukung, dan kita tengah menyiapkan penghargaan kepada para bupati/walikotanya yang telahg mensukseskan KTP elektronik di wilayahnya. Ini sedang kita pikirkan," kata Mendagri di Jakarta, Selasa (18/10/2011).

Di sela-sela Rakornas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam rangka penerapan e-KTP di Jakarta, Mendagri mengatakan, pihaknya sengaja mengumpulkan para bupati/walikota untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan e-KTP. Kemendagri, lanjutnya, akan menginventarisir permasalahan yang menjadi kendala di lapangan. Karena itu, kata Gamawan, meminta Kementerian Keuangan untuk memperpanjang waktu laporan anggaran hingga Maret 2012 untuk percepatan pencapaian target e-KTP.

"Untuk tahun 2011 ini memang tidak ada deadline, karena deadline itu ada di tahun 2012. Tapi kalau Kemenkeu memberikan kesempatan close pertanggungjawaban bulan Maret 2012, itu lebih bagus karena kita memulainya juga terlambat," katanya.

Namun, sambung Gamawan, usul itu harus mendapatkan persetujuan dari Kemenkeu. "Kita berharap ini dapat disetujui," katanya.

Menurutnya, Kemendagri terus memaksimalkan waktu pelayanan KTP Elektronik setiap hari di tiap titik pelayanan selama 10 – 14 jam. "Dengan optimalisasi peralatan yang tersedia, diharapkan sasaran target penerapan KTP Elektronik tahun 2011 dapat tercapai," katanya. 

Ia juga berharap jajaran Kemendagri di pemerintah Kabupaten/Kota untuk meningkatkan dan mengefektifkan sosialisasi kepada masyarakat dengan menegaskan kembali manfaat KTP Elektronik.

Tentunya juga pelayanan KTP Elektronik massal pada tahun 2011 tidak dipungut biaya (gratis). Dengan demikian, diharapkan target e-KTP di tahun 2011 sebesar 70 juta penduduk bisa tercapai. "Saya berterima kasih, ada petugas yang berkerja sampai jam 2 malam hingga jam 4 pagi. Saya minta berhenti jadi menteri, kalau akhir 2012 tak selesai dan tidak mencapai target 70 juta," katanya.