Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Festival Teater dan Pantun

Selamatkan Generasi Muda dengan Khazanah Pantun
Oleh : Charles/Dodo
Senin | 17-10-2011 | 17:03 WIB
Festival_Teater_Pantun_2011.JPG Honda-Batam

Festival Teater Pantun 2011 kota Tajungpinang

TANJUNGPINANG, batamtoday - Salah satu upaya dalam menyelamatkan generasi muda kemajuan teknologi dan globalisasi adalah memperkaya generasi muda dengan khazanah yang dimiliki bangsa dan negara, khusunya dalam budaya, agama serta etika dan norma yang berlaku. 

Demikian dikatakan Wali Kota Tanjungpinang dalam penutupan Festival Teater dan Pantun 2011 bagi siswa SMA dan umum, yang dilaksanakan Dinas Pariwisata dan Budaya bersempana dengan perayaan HUT ke-10 Kota Otonomi Tanjungpinang, di pelataran Anjung Cahaya Tanjungpinang, sejak Kamis (13/10/2011) lalu.
 
"Khususnya di Kota Tanjungpinang, pantun merupakan salah satunya warisan budaya. Karena dengan berpantun akan membuat kita lebih santun, pantun mengajar kita untuk berpikir dan melatih kita untuk lebih arif dalam membuat pilihan, arif dalam melakukan sesuatu tindakan. Jika salah dalam menyusun kata, niscaya hancurlah pantun yang dibuat," kata Suryatati dalam amanahnya, Senin (17/10/2011).

Suryatati juga menyebutkan, pelaksanaan festival teater merupakan sesuatu yang sangat baik dalam membina generasi muda. Karena akan dapat mengembangkan teater tradisional bangsawan, dan dapat membuat Tanjungpinang menjadi sentra seni peran di masa yang akan datang

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Syafarudin mengatakan even budaya ini digelar sebagai upaya menumbuhkembangkan kecintaan budaya Melayu pada generasi muda.

"Selain bersempena dengan HUT ke 10 Kota Otonomi Tanjungpinang, kita juga melestarikan tradisi pantun sejak dini pada anak-anak SD dan SMP, serta  menumbuhkembangkan kemampuan menulis pantun di kalangan guru-guru dan memperbanyak para pemantau adat serta membangkitkan kembali semangat teater bangsawan di kota Tanjungpinang," ujarnya.

Adapun pemenang dalam Festival Teater dan Pantun 2011 ini, untuk lomba teater tingkat SMA dan perguruan tinggi juara I utusan dimenangkan oleh SMAN 2, lomba berbalas pantun tingkat SD juara I utusan dari SDN 011 Bukit Bestari A, lomba berbalas pantun tingkat SMP juara I utusan dari SMPN 5, lomba pantun bertema tingkat guru SD, SMP dan SMA juara I atas nama Kartina dari SMPN 5 dan lomba pantun nikah tingkat kelurahan juara I utusan dari Kelurahan Senggarang.