Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Umat Islam Batam Gelar Istighosah Kawal Kebhinekaan dan Keselamatan Bangsa
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 11-02-2017 | 08:00 WIB
istighosahdibatam.jpg Honda-Batam

Saat ratusan umat Islam Batam menggelar istighosah atau doa bersama untuk mengawal kebhinekaan dan keselamatan bangsa di Masjid Raya Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan orang yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, perwakilan dari instansi pemerintah dan Jajaran TNI-Polri se-Kepri mengikuti istighosah atau doa bersama yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam di Masjid Raya Batam, Jumat (10/2/2017) sehabis sholat isya.

Kegiatan ini dimaksudkan agar umat Islam di Kota Batam untuk bersama-sama berdoa dan mengawal kebhinekaan Indonesia dan untuk keselamatan bangsa. Karena itulah, istighosah ini mengangkat tema, "Mengawal Kebhinekaan untuk Keselamatan Bangsa, Demi Indonesia Jaya."

Tampak hadir dalam istighosah itu, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefriden, Direktur Binmas Polda Kepri Kombes Pol Sumirat, Direktur Humas dan Promosi Badan Pengusahaan (BP) Batam Purnomo Andiantono, dan unsur muspida lainnya.

Diharapkan, melalui kegiatan doa bersama ini, masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh berbagai berita hoax yang kini marak di media sosial.

“Mari bersama-sama kita mendoakan dan mengawal, agar bangsa ini tidak terkotak-kotak dan jangan sampai terpecah-belah.” ujar Direktur Binmas Polda Kepri, Kombes Pol Sumirat.

Selain itu, tambah Kombes Pol Sumirat, seluruh lapisan masyarakat agar menjaga kebhinekaan bersama-sama. Jangan sampai sejarah yang dibuat oleh para pendahulu bangsa, hilang oleh para generasi muda saat ini.

ambahnya “sebagai bangsa yang mandiri harus dapat meningkatkan kualitas SDM untuk menjaga dan mengolah SDA. Fenomena Pilkada seperti di Jakarta bertujuan untuk memilih pemimpin yang baik secara demokratis dan seharusnya tidak memecah-belah bangsa menjadi terkotak-kotak.”

Sementara itu, Rois Syuriah Majelis Musyawarah Nahdhatul Ulama (NU) Kota Batam Ustadz Muhlis Mawardi, mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu dan menjaga situasi di Batam dan Kepri tetap kondusif serta mendoákan situasi di Provinsi DKI Jakarta yang akan melaksanakan pemungutan suara Pilkada Gubernur dapat berlangsung aman dan damai.

Sedangkan, atas nama Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Batam, Masruri mengatakan, istighosah, doa dan zikir malam hari ini dimaksudkan agar situasi Indonesia dan secara khusus Provinsi Kepulauan Riau aman dan damai.

"Terkait adanya rencana aksi 112 yang diselenggarakan oleh GNPF MUI, seluruh sahabat dan anggota Ansor/Banser se-Kepri tidak ada yang mengikuti kegiatan tersebut, demi menjaga stabilitas keamanan nasional," tegasnya.

Editor: Dardani