Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Karimun Berikan Bea Siswa Bagi 1.500 Siswa Miskin
Oleh : Alrion/Dodo
Rabu | 12-10-2011 | 18:23 WIB
bea-siswa.gif Honda-Batam

Upacara penyerahan bea siswa bagi 1.500 siswa miskin di Karimun.

KARIMUN, batamtoday - Bertepatan dengan peringatan ulang tahun Kabupaten Karimun ke-12, pemerintah setempat memberikan bea siswa bagi 1.500 siswa miskin yang berasal dari berbagai pelosok wilayah itu.

 

Secara simbolis, pemberian bantuan bea siswa tersebut dilakukan di halaman Rumah Dinas Bupati Karimun kepada perwakilan siswa Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat pada Rabu (12/10/2011).

Haris Fadilah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun mengatakan bantuan bea siswa yang diberikan sebesar Rp360 ribu untuk empat bulan dan dibayarkan langsung ke sekolah setiap bulannya.

Dari 1.500 siswa miskin itu, lanjut Haris, 500 siswa dibantu dari dana APBD Kabupaten Karimun dan 1.000 siswa lainnya dari dana APBD Provinsi Kepri.

"Sedangkan penerima bea siswa miskin dari dana APBN atas usulan pemerintah kabupaten mencapai 2.000 lebih siswa dengan rincian per siswa diberikan Rp. 80.000 untuk tingkat SMA sederajat," kata Haris kepada batamtoday usai menyerahkan bantuan tersebut. 

Haris menngakui banyak siswa yang tidak terdata sebagai penerima bea siswa dari dana APBD karena terkadang murid tidak mau terus terang pada pihak sekolah tentang kondisi ekonomi keluarganya.

"Seperti yang kita temukan beberapa waktu lalu, salah satu keluarga miskin mengadu pada Wakil Bupati H Aunur Rafiq, anaknya masih dipungut biaya sekolah sementara mereka miskin, namun setelah dicek ternyata pihak sekolah tidak mengetahui ia adalah orang miskin. Dengan adanya komunikasi yang dijalin akhirnya biaya sekolah anak dibebaskan," kata Haris lagi.