Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Sewa Backhoe Bersihkan Lumpur di Jalan
Oleh : Ali/Dodo
Rabu | 12-10-2011 | 17:30 WIB
lumpur-aspal.gif Honda-Batam

AKBP Bambang, Wadir Lantas Polda Kepri bersama AKBP Suka Irawadi saat memantau jalannya pembersihan setumpuk tanah di jalan aspal Batu Besar. (Foto: Ali)

BATAM, batamtoday - Hujan yang terus mengguyur Batam dalam beberapa hari terakhir ini membuat beberapa ruas jalan tergenang lumpur yang dibawa air. Kondisi tersebut membuat polisi menyewa backhoe, sebuah alat berat untuk membersihkan lumpur yang menutupi jalan.

"Kita bukan hanya polisi yang mengatur lalu lintas, tapi sekarang kita juga sudah sebagai aparat Pemko yang mengurus masalah jalan rusak sekaligus kebersihannya," ujar AKBP Suka Irawadi, anggota Polda Kepri, saat menunggui pembersihan lumpur yang menutupi ruas jalan Batu Besar, Rabu (12/10/2011).

Suka mengatakan langkah pembersihan itu dilakukan mengingat kalau dibiarkan lama kelamaan tanah tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada aspal jalur dua arah itu, selain dapat berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

Selain di Batu Besar, pemandangan lumpur di ruas jalan juga tampak di depan perumahan PLN, Batam Center. Adanya lumpur di tengah jalan diakibatkan banyaknya kendaraan besar yang berasal dari lokasi penampungan bauksit maupun pasir yang ada di sekitar jalan tersebut.

Kondisi terus berulang baik saat hujan maupun cuaca cerah lantara para pengusaha pasir maupun penampung bauksit di lokasi itu 'cuek bebek' dengan kebersihan jalan. 

"Setiap meintas di jalan ini, pasti motor jadi kotor, karena tidak pernah disemprot oleh pemilik proyek ini. Heran kok Pemerintah diam aja, padahal kalau jalan rusak menggunakan uang negara juga," terang Aloi yang sedang membersihkan motornya usai melintas di jalan tersebut.