Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cuaca Buruk, Kapal Tujuan Batam dan Dumai Sempat Ditunda
Oleh : alrion/ sn
Selasa | 11-10-2011 | 18:38 WIB

KARIMUN, batamtoday - Pihak Administrator Pelabuhan (Adpel) Karimun menunda keberangkatan kapal dari Karimun tujuan Batam dan Dumai. Penunandaan keberangkatan kapal tersebut karena faktor cuaca.

Pada Selasa (11/10/2011) pagi, Karimun diguyur hujan yang sangat lebat disertai angin kencang. Hal ini berpengaruh pada jarak pandang di laut. Kapal baru dapat berangkat sekitar pukul 09.30 WIB setelah keadaan cuaca di laut aman untuk berlayar.

Kepala Adpel Karimun Capt Gajah Roesone mengatakan bahwa pihaknya mengutamakan faktor keselamatan terlebih dahulu sebelum mengizinkan kapal berlayar dari Karimun tujuan Batam, Dumai serta daerah lainnya.

"Melihat hujan tadi pagi yang sangat deras dan jarak pandang terganggu, makanya kita tunda keberangkatan kapal. Itu pun setelah kita koordinasikan dengan pihak agen pelayaran dan nahkoda kapal. Mereka pun mematuhi himbauan yang kami sampaikan," kata Gajah saat dihubungi batamtoday, Selasa (11/10/2011).

Saat ini cuaca di laut tidak menentu, baik itu angin dan gelombang serta hujan. Jadi sebelum kapal diizinkan berlayar maka diperhatikan beberapa hal tersebut. Kalau nahkoda tetap ingin berlayar ia harus membuat perjanjian pertanggungjawaban, namun meskipun hal itu dilakukan kecil kemungkinan diberikan. "Kami lebih mementingkan keselamatan penumpang di laut saat berlayar," tambah Gajah.