Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Dibeking Oknum Aparat

Polisi Amankan Truk Pelansir Solar
Oleh : hendra zaimi/ sn
Selasa | 11-10-2011 | 18:14 WIB
truk_sol.JPG Honda-Batam

Truk Pelansir Solar yang diamankan Satrerskrim Polresta Barelang (Foto: Istimewa).

BATAM, batamtoday - Jajaran Satreskrim Kepolisian Resor Kota Batam, Rempang dan Galang (Barelang) menangkap sebuah truk Isuzu Elf warna putih dengan nomor polisi BP 8136 DD yang digunakan untuk pelaku pelansir solar dan kini barang bukti diamankan di Mako Polresta Barelang.

Sebelumnya Polresta Barelang sendiri telah membentuk tim khusus (Timsus) untuk menanggapi pengaduan masyarakat atas masalah kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di Batam. Sehari setelah dibentuk, Timsus berhasil menangkap pelaku dan barang bukti (BB) saat berada di SPBU Simpang Jam Baloi atas dugaan menampung solar ilegal.

"Truk itu kita amankan tadi pagi di SPBU Simpang Jam Baloi," ujar Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Yos Guntur kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (11/10/2011).

Yos menambahkan, modus yang digunakan pelaku untuk mengelabui petugas SPBU dan aparat adalah dengan memodifikasi sedemikian rupa bagian bak belakang truk menjadi tangki menampung solar yang disambungkan dari tangki pengisian bahan bakar. Untuk menutupi tangki di bak belakang itu pelaku menutup menggunakan terpal.

"Kapasitas tangki buatan itu bermuatan 3,5 ton," kata Yos.

Selain barang bukti, polisi juga mengamankan dua orang pelaku yang saat ini masih dilakukan pemeriksaan secara intensif. Mengenai dugaan adanya keterlibatan oknum aparat dalam kasus ini Satreskrim Polresta Barelang tidak menampik hal itu dan masih terus menindaklanjuti perkaranya.

"Sopir truk dan petugas SPBU telah kita amankan, mengenai ada keterlibatan oknum aparat terus kita telusuri," terangnya.