Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TNI AL Berkomitmen Amankan Perairan Nusantara
Oleh : Alrion/Dodo
Senin | 10-10-2011 | 16:04 WIB
AL_amankan.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

KARIMUN, batamtoday - TNI Angkatan Laut terus berkomitmen untuk mengamankan perairan Nusantara semaksimal mungkin untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jasa transportasi laut.

Laksamana Pertama Darwanto, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut IV mengatakan komitmen TNI AL itu juga termasuk dalam mengamankan perairan Kepulauan Riau yang secara geografis berada di Selat Malaka yang menjadi alur pelayaran terpadat di dunia.

"Pengamanan di perairan Kepri terus dilakukan, untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jasa pelayaran, termasuk bagi nelayan Indonesia yang sedang mencari ikan," kata Darwanto usai menggelar serah terima jabatan Danlanal Karimun, Senin (10/10/2011).

Pengamanan terhadap perairan, lanjut Darwanto, akan dilakukan secara maksimal dengan menggunakan sarana dan prasarana pengamanan yang tersedia.

Sementara itu, terkait dengan tindak kejahatan pencurian ikan (illegal fishing), Darwanto mengakui hal tersebut masih terjadi di perairan Kepri namun secara intensitas telah mengalami penurunan, meski tidak menyebutkan prosentase penurunan itu.

Darwanto juga menegaskan apabila jajarannya menemukan pelanggaran perikanan agar memprosesnya dengan hukum yang berlaku di Indonesia. 

"Para pelakunya harus ditindak tegas, Danlanal wajib mampu mengemban tugas ini," tambah Darwanto. 

Masih kata Darwanto, pengamanan pulau terluar juga saat ini sudah berjalan dengan baik, terutama bagi pulau yang tidak berpenghuni telah dijaga oleh Marinir, seperti Pulau Nipah. Ia juga menambahkan tidak ada pulau terluar yang lepas dari perhatian jajaran Lantamal IV.