Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Cara Sederhana Buat Ibu Tersenyum Bahagia
Oleh : Redaksi
Kamis | 22-12-2016 | 16:02 WIB
haribu.jpg Honda-Batam

Ilustrasi ibu dan anak tersenyum. (Foto: CNN)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Banyak cara bisa dilakukan untuk membahagiakan ibu, baik di keseharian maupun di hari istimewa layaknya Hari Ibu yang di Indonesia dirayakan saban 22 Desember.

 

Ternyata, tak perlu cara muluk-muluk untuk membuat ibu merasa bahagia. Setidaknya demikian hasil jajak pendapat independen yang dilakukan oleh CNNIndonesia.com di media sosial pada 21 Desember 2016 dalam rangka menyambut Hari Ibu.

Saat CNNIndonesia.com melontarkan pertanyaan soal cara atau medium yang biasa digunakan pembaca kala merayakan Hari Ibu, ternyata 46 persen dari 252 responden menjawab, “membantu ibu menyelesaikan pekerjaan rumah.”

Sementara 36 persen responden mengaku memberikan ucapan “Selamat Hari Ibu.” Lainnya, 14 persen responden mengaku memberikan barang tertentu kepada ibu mereka, dan empat persen responden menggunakan cara klasik: menulis surat.

Sekalipun ada banyak cara dan medium yang bisa digunakan untuk membahagiakan ibu, kenyataannya separuh responden menyatakan tidak pernah secara sengaja merayakan Hari Ibu pada 22 Desember dengan acara atau agenda khusus.

Sebesar 44 persen responden mengaku tidak pernah merayakan Hari Ibu. Ini "bersaing" ketat dengan responden yang selalu merayakannya, sebesar 38 persen. Sedangkan 18 persen responden mengaku baru merayakan kalau mereka ingat ada Hari Ibu.

Meski begitu, bukan berarti tak ada harapan dan doa yang didaraskan tepat di Hari Ibu. Para responden mengaku selalu mendoakan ibu mereka agar senantiasa sehat, juga menunjukkan rasa sayang kepada ibu tercinta.

Sebesar 33 persen dari 337 responden yang menjawab pertanyaan seputar jenis ungkapan yang disampaikan kepada ibu, mengaku mendoakan ibu selalu sehat. Jumlah yang sama mengaku selalu mengungkapkan rasa sayang kepada ibu.

Sisanya, 19 persen sekadar memberikan ucapan “Selamat Hari Ibu” dan 13 persen lain memanfaatkan momen yang dilatarbelakangi peristiwa bersejarah Kongres Perempuan Indonesia I pada 1928 tersebut untuk memohon maaf atas segala kesalahan.

Sebetulnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyemarakkan Hari Ibu, atau di hari-hari lain, sebagaimana direkomendasikan laman Parents dan Educatall, yang semakin menghangatkan hubungan anak dengan sang bunda.

Beberapa cara "klasik" yang direkomendasikan oleh kedua laman, antara lain mengajak berlibur, menonton film, mengumbar humor, membaca buku, menanam bunga, sampai memanjakan ibu di salon atau spa. Tapi sekadar memberikan pelukan hangat pun mampu melumerkan hati ibu.

Selamat Hari Ibu!

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Dardani