Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

40 WNI Berhasil Dievakuasi dari Lebanon, Tiba Selamat di Indonesia
Oleh : Redaksi
Rabu | 09-10-2024 | 08:45 WIB
WNI-Lebanon.jpg Honda-Batam
WNI yang sudah berhasil dievakuasi dari Lebanon. (Kemlu)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebanyak 40 Warga Negara Indonesia (WNI) bersama 1 Warga Negara Asing (WNA) yang merupakan pasangan WNI berhasil dievakuasi dengan selamat dari Lebanon dan tiba di Indonesia pada Senin (7/10/2024).

Mereka tiba melalui dua penerbangan komersial setelah menjalani perjalanan panjang dan kompleks melalui jalur darat dari Lebanon menuju Damaskus, Suriah, lalu ke Amman, Yordania.

Proses evakuasi tersebut dilakukan dalam dua gelombang pada 2 dan 3 Oktober 2024. Sebelumnya, pasca-penetapan status Siaga 1 oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beirut pada 4 Agustus 2024, sebanyak 25 WNI telah berhasil dievakuasi melalui jalur udara.

"Saat ini, masih terdapat 116 WNI yang memilih untuk tetap tinggal di Lebanon," tulis Kemlu, dalam laman resminya, Senin (7/10/2024).

Dari 41 orang yang dievakuasi dan tiba di Indonesia, 26 di antaranya adalah laki-laki dan 15 perempuan. Mereka semua dalam kondisi sehat. Para evacuees berasal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Bali.

Setelah tiba di Indonesia, mereka akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing melalui koordinasi lintas kementerian dan lembaga terkait.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) kembali mengimbau WNI yang masih berada di Lebanon agar meningkatkan kewaspadaan, menghindari lokasi rawan, membatasi pergerakan hanya untuk keperluan penting, serta mengikuti arahan evakuasi dari KBRI Beirut. Kemlu juga menyarankan agar WNI menunda rencana perjalanan ke Lebanon, Suriah, Iran, Israel, Palestina, dan Yaman hingga situasi di wilayah tersebut kembali aman.

Editor: Gokli