Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengusir Stres dengan Keroncong ala Sundari Soekotjo
Oleh : Dodo
Senin | 03-10-2011 | 11:14 WIB
sundari_soekotjo.jpg Honda-Batam

Sundari Soekotjo.

JAKARTA, batamtoday - Memadukan kemampuan akademis dan musik keroncong. Itulah antara lain yang tengah dilakoni Sundari Soekotjo, 46 tahun. Sejak meraih gelar doktor di bidang manajemen sumber daya manusia dengan predikat cum laude dari Universitas Negeri Jakarta pada Februari tahun lalu. Ia kerap diundang menjadi pembicara seminar bidang manajemen. Kali ini peserta sekitar 50 manajer dari perusahaan-perusahaan tambang batu bara dari berbagai daerah di Tanah Air. Biasanya ia diminta bicara soal perilaku, kepemimpinan, dan motivasi.

"Tapi di Surabaya besok mereka meminta saya bicara soal musik sebagai terapi stres," ujar Unti, sapaannya seperti dikutip dari Tempo, Senin (3/10/2011).

Lingkungan tambang yang rawan kecelakaan, kata Sundari, memang bisa memicu tingkat stres para pegawai. Jika dibiarkan rasa bosan dan lelah mudah menyergap, sehingga mengganggu produktivitas.

"Irama musik yang slow bisa membuat saraf yang tegang menjadi tenang kembali. Musik keroncong salah satunya," kata Unti kalem. Nah, siapa mau mencoba?