Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

LPM Tahun 2017 Direncanakan di Natuna
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 07-12-2016 | 18:14 WIB
seminar.gif Honda-Batam

Malam pembukaan Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat Tahun 2016, Selasa ( 6/12/2016) malam di Hotel Harmoni One Batam. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah menghadiri Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat Tahun 2016 yang diselenggarakan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Tahun 2017 mendatang LPM berencana melakukan pendampingan bagi masyarakat di Kabupaten Natuna. 

Arif sangat menyambut baik rencana LPM memilih Kabupaten Natuna sebagai tempat kegiatan pendampingan bagi masyarakat. Hal itu, menurut Arif karena sesuai dengan rencana Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun untuk memajukan Natuna. Menjadikan Natuna sebagai pusat industri maritim nasional dan bahkan dunia.

"Kami sangat menyambut baik rencana LPM ke Natuna nanti. Apalagi Gubernur saat ini sedang fokus membangun Natuna bersama Pemerintah Pusat. Semoga dengan adanya pendampingan masyarakat dari LPM ini bisa memberikan masukan yang berharga untuk kemajuan Natuna," ungkap Arif pada malam pembukaan Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat Tahun 2016, Selasa ( 6/12) malam di Hotel Harmoni One Batam.
 
Sementara menurut Kepala LPM IPDN, Dr. Hj. Diah Anggraeni SH, MM menjelaskan, kegiatan pendampingan bagi masyarakat itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah. Kegiatan pendampingan tersebut dilakukan pada wilayah pedesaan, perkotaan dan perbatasan.

"Misalnya untuk pendampingan di wilayah Pedesaan, salah satunya  untuk memfasilitasi dan memperkenalkan kepada para pelaku pemerintahan di daerah, tentang berbagai konsep dan praktik pemerintahan terkini, sesuai dengan perkembangan model penyelenggaraan pemerintahan," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Prof DR Ermaya Suradinata, SH MH MS, mengatakan LPM sebagai lembaga pendidikan tinggi kepamongprajaan di samping berperan mendidik kader-kader pemerintahan, juga melakukan program pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.

Menurutnya, program pendampingan juga dijadikan sebagai sarana bagi pihaknya untuk mendapatkan masukan dalam merumuskan konsep baru tentang manajemen pemerintahan yang relevan berdasarkan temuan di lapangan.

Acara Seminar Hasil PengabdiKean Masyarakat Tahun 2016 dilaksanakan dar 6-8 Desember 2016. Beberapa pembicara yang dihadirkan adalah mantan Sekda Provinsi Kepri, yang saat ini menjabat sebagai staf ahli Menteri Bidang Pemerintahan Kementrian Dalam Negeri.

Editor: Udin