Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lis Minta Penyandang Disabiltas Lebih Diperhatikan
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Rabu | 07-12-2016 | 18:02 WIB
Lis-Darmansyah.gif Honda-Batam

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah memberikan sambutan pada acara hari peringatan penyandang disabilitas Internasional tahun 2016 yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja di Gedung Wanita Tun Fatimah, Selasa (6/12).(Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Walikota Tanjungpinang hadiri hari peringatan penyandang disabilitas Internasional tahun 2016 yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja di Gedung Wanita Tun Fatimah, Selasa (6/12).

"Para penyandang disabilitas ini memiliki kelebihan dari orang yang normal, begitu pula denga para orangtua penyandang disabilitas, meraka memiliki kemapuan 2 kali lipat dari orangtua yang memiliki anak yang normal," ucapnya pada acara tersebut.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah berserta tamu undangan menyerahkan bantuan untuk para penyandang disabilitas secara simbolis, bantuan yang diserahkan diantaranya berupa kursi roda, Hearing AIDS dan lain-lainnya. (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

Lis juga meminta fungsi aparatur negara tingkat kelurahan harus dapat meningkatkan lagi fungsinya untuk lebih jeli lagi dalam memantau, memperhatikan lagi masyarakat di sekitarnya, sehingga tidak ada lagi penyandang disabilitas yang merasa terabaikan.

Karena, sambung Lis, untuk memperhatikan penyandang disabilitas ini, juga sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk dapat memahami situasi dan kondisi dari para penyandang disabilitas ini.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah berserta undangan berfoto bersama penyandang disabilitas (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

Pada saat diwawancara bersama media, Lis mengatakan, program bantuan ini akan diberikan kepada penyandang disabilitas yang kurang mampu, dan yang kedua kondisi rumahnya juga untuk menjadi perhatian layak atau tidak untuk ditempati.

"Bantuan untuk disabilitas juga harus sesuai dengan situasi dan kondisi dari penyandang disabilitas itu juga. Untuk pemerintah Kota Tanjungpinang melaui Dinas Sosial kita komitmen, setiap tahun kita memberikan bimbingan dan bantuan," sambungnya.

Untuk itu, sambung Lis, dia minta Dinas Sosial untuk mendata kembali, sehingga diperoleh sekitar 500 lebih dan 43 yang berat. Dari 500 lebih ini, harus diketahui bagaimana permasalahannya satu persatu. "Itulah yang kita minta data kembali," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang, Surjadi, menjelaskan bahwa jumlah keseluruhan dari penyandang disabilitas di Kota Tanjungpinag secara keseluruhan berjumlah 538, namun 43 diantaranya penyandang ODK berat.

Dari 43 penyandang ODK berat ini, sambung Surjadi, yang mendapat bantuan dari Pusat sekita 21 orang dan sisanya dengan komitmen walikota akan dibantu melalui APBD Kota Tanjungpinang. Bantuan ini diberikan karena sebagaian besar yang menyandang ODK berat ini berasal dari keluarga yang tidak mampu.

Seluruh peserta hari peringatan penyandang disabilitas Internasional tahun 2016 yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja berfoto bersama di Gedung Wanita Tun Fatimah, Selasa (6/12).(Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

Pada akhir acara, Walikota Tanjungpinang berserta tamu undangan menyerahkan bantuan untuk para penyandang disabilitas secara simbolis, bantuan yang diserahkan diantaranya berupa kursi roda, Hearing AIDS dan lain-lainnya.

Pada acara ini juga turut dihadiri oleh Asisten, staff ahli, Kepala Badan, Dinas, Camat, Lurah, serta jajaran FKPD dilingkungan pemerintah Kota Tanjungpinang, Ade Angga Wakil Ketua I DPRD Kota Tanjungpinang, Ahmad Dhani Wakil Ketua II DPRD Kota Tanjungpinang, Ketua TP PKK Kota TPI, Ketua GOW Kota TPI, Ketua Dharma Wanita Kota TPI.

Editor: Udin