Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Imam Masjid dan Guru TPA dan TPQ Kota Tanjungpinang Terima Dana Insentif
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Rabu | 07-12-2016 | 17:14 WIB
Lis-beri-santunan-ke-imam-masjid-di-tanjungpinang.gif Honda-Batam

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah secara simbolis menyerahkan insentif kepada Imam Masjid/Musholla/Surau dan Guru Taman Pendidikan Al-Quran (TPA/TPQ) se- Kota Tanjungpinang, Rabu (7/12/2016) (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, didampingi istri, Yuniarni Pustoko Weni, secara simbolis menyerahkan insentif kepada Imam Masjid/Musholla/Surau dan Guru Taman Pendidikan Al-Quran (TPA/TPQ) se- Kota Tanjungpinang, Rabu (7/12/2016).

Sebanyak 200 Imam Masjid dan 518 Guru TPA/TPQ bersertifikasi menerima dana insentif dari Pemerintah Kota Tanjungpinang tahun 2016. Masing-masing akan menerima dana insentif sebesar Rp1 juta/orang.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, menyebutkan bahwa pemberian dana insentif ini sudah direncanakan sejak 2013 lalu, dan telah melalui proses panjang, bagaimana mencari dasar hukumnya maupun formulasinya, agar dana ini bisa diberikan kepada Imam Masjid dan guru TPA/TPQ se-Kota Tanjungpinang.

"Ini adalah cita-cita saya bersama Pak Syahrul sejak 2013 lalu, dan merupakan visi misi kami. Imam Masjid dan Guru telah banyak memberi kontribusi untuk melahirkan generasi Islami di kota ini, untuk itu, mereka perlu diberi apresiasi atas usaha dan keikhlasan yang telah diberikan," kata Lis di Aula Badan Perpustakaan, Arsip dan Museum Kota Tanjungpinang.

Menurut Lis, fungsi Imam Masjid, guru TPA/TPQ adalah dalam kehidupan sosial, bagaimana mereka dapat membentuk karakter generasi muda di lingkungannya masing-masing, tentunya ini bukan pekerjaan yang ringan.

"Apa yang kami berikan ini, tidak sebanding dengan apa yang bapak/ibu berikan kepada generasi kita, mudah-mudahan dana insentif ini bisa bermanfaat bagi bapak/ibu semua," ujarnya.

Sebelum menutup sambutan, Walikota mengingatkan kepada segenap jajaran Bagian Kesra, agar dana yang diberikan benar-benar diserahkan kepada mereka yang mengajar. Ia minta agar nama-nama yang terdata untuk diinventarisir kembali, saya mau Kesra lebih selektif." tegas Lis

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdako Tanjungpinang, Nadzib Agus Setia Budi SPd, menyampaikan bahwa dana insentif ini diberikan kepada 200 Imam Masjid dari 4 kecamatan di Kota Tanjungpinang, yang terdiri dari Imam masjid Kecamatan Tanjungpinang Timur sebanyak 72 orang, Kecamatan Tanjungpinang Barat sebanyak 45 orang, Kecamatan Tanjungpinang Kota sebanyak 27 orang, dan Kecamatan Bukit Bestari sebanyak 56 orang.

Sedangkan untuk Guru TPA/TPQ yang bersertifikasi sebanyak 519 guru, terdiri dari, Kecamatan Tanjungpinang Timur 185 guru, Kecamatan Tanjungpinang barat 120 orang, Kecamatan Tanjungpinanh Kota 68 orang, dan 145 guru dari Kecamatan Bukit Bestari.

Ia berharap, dengan insentif yang diberikan ini bisa memberi semangat bagi bapak/ibu dalam mengajar dan mendidik budi pekerti kepada anak-anak, sehingga nantinya dapat mencetak Qori dan Qoriah di Kota Tanjungpinang.

Acara itu, turut dihadiri Asisten Kesra, Drs. Ahadi, Kakan Kemenang Kota Tanjungpinang, Camat, Lurah, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

Editor: Udin