Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pencarian Korban Masih Fokus di Titik Koordinat Jatuhnya Pesawat

Kapolri Direncanakan Tinjau Proses Evakuasi Korban Pesawat Jatuh di Senayang
Oleh : Bayu Yiyandi
Rabu | 07-12-2016 | 08:12 WIB
Kapolri-Tito-Karnavianbyliputan6.jpg Honda-Batam

Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Foto: Liputan6)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Kapolri Jenderal Tito Karnavian rencananya akan turun ke Kabupaten Lingga untuk melihat langsung lokasi jatuhnya pesawat milik Polri bertype Sky Truck N 28 pada Sabtu (03/12/2016) lalu di perairan Pulau Sebangka dan Kentar, Kecamatan Senayang.

Demikian ungkap Kasubag Humas Pemkab Lingga, Sabirin. "Informasi yang kami terima kalau tidak ada perubahan, Kamis (8/12) pukul 09.00 WIB pagi, Kapolri akan turun ke Senayang. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan untuk persiapan di sana," kata Sabirin kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (6/12/2016) siang.

Disampaikan Sabirin, informasi yang diterima Kapolri akan turun ke Batam terlebih dahulu, kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Lingga memantau proses evakuasi pesawat jenis M-28 Sky Truck. "Hari ini informasinya Kapolri akan ke Batam. kami akan koordinasi lagi," kata Sabirin.

Di tempat lain, Camat Senayang Rosmalisa yang hubungi BATAMTODAY.COM juga membenarkan rencana kedatangan Kapolri ke Lingga. Dikatakan Rosmalisa, pihaknya mendapat informasi langsung dari Kapolsek Senayang.

"Kami dapat info hari Kamis nanti, tapi dimajukan Rabu ini. Persiapan tenda dan persiapan lain di pos tim evakuasi Senayang untuk kedatangan pak Kapolri sudah mulai kami siapkan," kata dia.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kepri, AKBP S Erlangga yang dihubungi media ini mengatakan belum mendapat informasi pasti terkait rencana kedangan Kapolri ke Senayang Lingga. "Belum pasti infonya, tapi Kapolri akan ke Batam hari ini," sebutnya.

Sebagaimana informasi yang diperoleh BATAMTODAY.COM seperti rundown kunjungan Kapolri hari Rabu (7/12/2016) dari Kapolsek Senayang, AKP Sopandi, pada pukul 13.00 Wib berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma menggunakan Pesawat Polri dan diperkirakan tiba di Bandara Hang Nadim Batam sekitar pukul 14.30 wib.

Besok harinya, Kamis (8/12/2016) sekitar pukul 07.30 Wib, Kapolri berangkat menuju Bandara Hang Nadim untuk naik helikopter Dolpin/Bolcow menuju ke Senayang (estiminasi perjalanan 30 menit). Rombongan lainnya menyusul menggunakan kapal laut Kepri III dan kapal Hendi (estiminasi pejalanan 2,5 jam).

Sementara itu, sekitar pukul 08.00 Wib akan diadakan paparan dari Dir Polair dan Basarnas di Pelabuhan Senayang atau posko kemanusiaan. Sedangkan pukul 09.00 Wib, akan diadakan pengecekan lokasi jatuhnya pesawat dengan menggunakan kapal laut. Usai kegiatan tersebut, sekitar pukul 10.00 Wib, rombongan akan kembali ke Batam atau ke Tanjungpinang untuk kembali ke Jakarta sekitar pukul 12.00 Wib.

Editor: Dardani