Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengusaha di Lingga Disinyalir Marak Gunakan BBM Bersubsidi
Oleh : Nurjali
Senin | 07-11-2016 | 11:05 WIB
LSM-Lingga1.jpg Honda-Batam

Mandala Pancur, salah satu aktifis pemuda di Pancur, Kecamatan Lingga Utara. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Pancur - Maraknya penggunaan BBM Bersubsidi untuk kepentingan pengusaha di beberapa daerah di Kabupaten Lingga, termasuk di wilayah Pancur, Lingga Utara, semakin terkuak.

Diduga, ada permainan dari oknum-oknum SKPD terkait yang sengaja memberikan jatah pesanan atau delivery order (DO) pengambilan BBM kepada pihak swasta yang berlebih.

Mandala Pancur, salah satu aktifis pemuda di Pancur, Kecamatan Lingga Utara, mengatakan, dirinya merasa curiga dengan aktifitas salah satu pengusaha di wilayahnya yang menggunakan BBM bersubsidi melebihi kuota yang seharusnya dimiliki oleh pemilik DO biasanya.

"Dia bisa puluhan drum minyak dalam sebulannya, sementara masyarakat kecil sering tidak kebagian BBM di daerah kita," ujarnya, Senin (7/11/2016).

Selain itu di wilayah Pancur, beberapa usaha pertambangan lainnya di Kabupaten Lingga juga banyak yang menggunakan BBM bersubsidi, yang seharusnya dinikmati oleh masyarakat kecil.

Zuryadi, ketua Ormas Gema Lingga, mengatakan dengan adanya temuan ini, dirinya berharap agar pemerintah daerah baik eksekutif maupun legislatif dapat turun kelapangan mangatasi masalah ini.

Hal ini, katanya, penting karna BBM bersubsidi seharusnya dimanfaatkan oleh masyarakat banyak, khususnya masyarakat kecil bukan oleh oknum-oknum pengusaha yang di bekingi oleh oknum-oknum aparat dan pejabat di pemerintahan.

"Kita harapkan pemerintah daerah, eksekutif, legislatif dan aparat dapat turun atasi persoalan ini karna yang jadi korban masyarakat kecil," ujarnya.

Editor: Yudha