Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menkominfo Masih Harapkan Itikad Baik dari Google untuk Bayar Pajaknya
Oleh : Redaksi
Sabtu | 08-10-2016 | 14:26 WIB
menkominfo.gif Honda-Batam

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. (Sumber foto: CNN)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta Google untuk menunjukan itikad baik dalam menyelesaikan tunggakan pajak selama beroperasi di Indonesia.

"Saya sampaikan, silakan tunjukkan goodwill-nya untuk duduk sama-sama menyelesaikan permasalahannya," ucap Rudiantara.

Rudiantara menyebut, Kementeriannya terus bekerja sama dengan Kementerian Keuangan untuk menagih pajak yang semestinya dibayarkan oleh Google Indonesia. Sayangnya dia tidak menjelaskan lebih rinci soal upaya apa saja yang sejauh ini telah dilakukan oleh pihak pemerintah maupun otoritas fiskal.

Lebih lanjut, tekanan yang dilancarkan pemerintah melalui Kemkominfo tak lain untuk menyetarakan aturan main yang sama bagi pelaku industri over the top (OTT) lokal dan internasional. Menteri yang kerap disapa Chief RA ini menginginkan terciptanya level playing field demi persaingan bisnis yang lebih sehat antara pemain lokal dan asing.

Sementara terkait kebijakan yang mengatur khusus operasional perusahaan OTT dari Kemkominfo, Rudiantara menyebut belum waktunya.

"Permen OTT itu semua yang keluar harus sifatnya applicable dan enforcable," ujar Rudiantara kepada awak media, Jumat (7/10).

Bagi Rudiantara pemberlakuan dan penerapan aturan OTT mesti didahului dengan menyelesaikan urusan pajak.

Berdasarkan perhitungan Direktorat Jenderal Pajak, Google memiliki utang pajak kepada pemerintah mencapai Rp5,2 triliun pada tahun 2015. Angka itu belum termasuk dengan akumulasi tagihan pajak Google selama empat tahun beroperasi sejak 2011 silam.

Sebelumnya Rudiantara menjelaskan, soal terbukanya opsi kepada OTT asing seperti Google untuk menggandeng operator lokal sebagai alternatif mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia. Alternatif tersebut seperti yang sudah dilakukan Spotify bersama Indosat Ooredoo.

Selain masalah pembayaran pajak, menggandeng operator lokal juga sebagai jaminan soal keamanan data pribadi konsumen seperti yang diinginkan Kemkominfo.

Hingga saat ini Rudiantara mengaku masih harus berdiskusi dengan Kementerian Keuangan untuk menuntaskan penyelesaian tagihan pajak Google.  

Sumber: CNN
Editor: Udin