Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kerusuhan di PT Nexus Engineering

Pekerja Ngamuk, Bakar Fasilitas Perusahaan
Oleh : Ali/Dodo
Selasa | 20-09-2011 | 10:07 WIB
rusuh-nexus.gif Honda-Batam

Pekerja PT Nexus Engineering Indonesia di kawasan Kabil, Batam mengamuk dan membakar pos sekuriti. (Foto: Istimewa).

BATAM, batamtoday - Ratusan pekerja di PT Nexus Engineering yang berada di kawasan Kabil, Batam mengamuk dan membakar fasilitas perusahaan pada Selasa (20/9/2011) sekitar pukul 08.15 WIB.

Mengamuknya ratusan pekerja itu dipicu hal sepele, yakni seorang pekerja yang salah parkir kendaraan lantas dipukul oleh seseorang yang diduga oknum anggota TNI dari kesatuan tertentu yang diperbantukan menjaga perusahaan tersebut.

"Usai oknum itu memukul, sekuriti perusahaan langsung ikut memukul," ujar Taslam, nama samaran, salah seorang pekerja kepada batamtoday.

Taslam mengatakan para pekerja lain yang melihat rekannya dipukul lantas merangsek dan mengejar sekuriti serta oknum anggota TNI itu. Kedua pelaku pemukulan itu kemudian dihajar dan dilempari oleh para pekerja hingga babak belur.

"Situasi ramai sekali, soalnya saat itu sedang terjadi pergantian shift," ujar Taslam.

Tak cukup hanya itu, pekerja lantas melampiaskan kemarahannya dengan cara membakar ruang tempat penyimpanan fasilitas keamanan kerja yang terletak di samping pos sekuriti.

Pembakaran fasilitas perusahaan itu dilakukan dengan menggunakan alat pemotong besi yang memakai bahan bakar gas.

Beruntung, aksi tidak membesar lantaran hujan deras mengguyur lokasi perusahaan dan beberapa pekerja diantaranya langsung membubarkan diri.

Sejauh ini, identitas pekerja yang dipukul maupun pelaku pemukulan yakni oknum anggota TNI dan sekuriti masih belum diketahui.

PT Nexus Engineering Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di galangan kapal dan juga anak perusahaan dari PT Nexus Shipyard Pte Ltd yang berbasis di Singapura. Perusahaan ini mempekerjakan ribuan karyawan dari berbagai sub kontraktor di Batam.