Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Resmi Naik Jadi Tipe A, Polda Kepri akan Dipimpin Jenderal Bintang Dua
Oleh : Irawan
Minggu | 25-09-2016 | 09:00 WIB
sambudigusdian.jpg Honda-Batam

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) secara resmi telah menaikkan Polda Kepulauan Riau (Kepri) dari Tipe B menjadi Tipe A. Dengan begitu, Polda Kepri akan dipimpin oleh jenderal bintang dua (Inspektur Jenderal) dan Wakapoldanya jenderal bintang satu (Brigadir Jenderal).

Sehingga Kapolda Kepri saat ini, Brigjen Pol Sam Budigusdian akan segera diganti karena masih jenderal bintang satu atau pangkatnya dinaikkan jadi bintang dua (Irjen). Sementara jabatan Wakapolda Kepri telah dilakukan pergantian pada Jumat (23/9/2016) kemarin berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2325/IX/2016 mengenai mutasi perwira tinggi dan menengah.

Namun, pengganti Wakapolda Kepri Komisaris Besar (Kombes) Pol Yan Fitri Halimansyah, masuk dalam bursa promosi dan mutasi jabatan baru pada urutan ke-18 itu, penggantinya juga masih berpangkat perwira menengah, belum jenderal bintang satu. Pengganti Yan Fitri Halimansyah adalah Kombes Didi Haryono yang sebelumnya menjabat sebagai Irwasda Polda Kalbar.

Apabila Polda Kepri secara resmi akan menjadi Polda Tipe A, maka jabatan Kapolda akan dijabat jenderal bintang dua dan Wakapoldanya jenderal bintang satu. Maka pangkat Kombes Didi Haryono harus dinaikkan menjadi bintang satu. Jika tidak, maka jabatan tersebut akan diisi jenderal bintang satu yang akan menggantikan Kombes Didi Haryono.

Sebelumnya, saat masih Tipe B, Kapoldanya adalah jenderal bintang satu dan Wakapoldanya berpangkat Kombes. Meski telah diumumkan Polda Kepri naik menjadi Tipe A, jabatan Kapolda belum diisi jenderal bintang dua dan Wakapolda belum berpangkat jenderal bintang satu.

Kepala Divisi Humas (Kadiv Humas) Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar membenarkan adanya kenaikan tipe pada tiga Polda itu, yakni Polda Lampung, Riau dan Kepri. "Jadi ada tiga Polda yang naik tipe dari B menjadi A, yakni Riau, Kepri, dan Lampung. Makanya ada penyesuaian dan Kapolri mengeluarkan telegram soal mutasi pejabat di tiga Polda itu," kata Boy, Sabtu (24/9/2016) di Jakarta.

Sebelumnya, Menteri Aparatur Negara (Menpan) Asman Abnur telah menandatangi surat usulan peningkatkan Polda Kepri dari Tipe B menjadi Tipe A yang diperkirakan selesai tahun ini.

Untuk memenuhi Polda Tipe A ini, Anambas yang selama ini masih menginduk ke Polres Natuna akan memiliki Polres sendiri. Dalam memenuhi Tipe A itu, ada beberapa aspek pertimbangan agar pengajuan itu dikabulkan. Mulai dari aspek keamanan, aspek demografi, aspek geografi, aspek sosial budaya, ideologi hingga aspek ekonomi.

Diantara aspek yang dipertimbangkan adalah aspek geografi. Dimana Kepri berdekatan dengan tiga negara sehingga dibutuhkan kekuatan untuk melakukan pengamanan.

Kemudian, Kepri juga memiliki wilayah laut yang luas. Sehingga diperlukan pemantauan yang maksimal dan yang terpenting menurutnya adalah keamanan semakin terjamin, baik untuk para pendatang yang datang ke Kepri dan masyarakat Kepri sendiri.

Keamanan harus terjamin dan semakin kondisif sehingga para pendatang maupun investor merasa lebih aman datang ke Kepri. Dengan proses usulan menjadi Tipe A tersebut maka Polda Kepri tentunya perlu berbenah dan memerlukan persiapan, mulai dari SDM, sarana, prasarana dan personel.

Editor: Surya