Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siswa Pulau Kelong Antusias Kunjungi Kapal Perpustakaan Laut Keliling Lantamal IV
Oleh : Harjo
Jum'at | 23-09-2016 | 10:26 WIB
Siswapulaukelng.jpg Honda-Batam

Siswa Pulau Kelong Tampak Antusias Kunjungi Kapal Perpustakaan Laut Keliling Lantamal IV (Foto: Dispen Lantamal IV)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kapal perpustakaan laut keliling atau biasa disebut Kal Pintar Mandiri-1 milik Lantamal IV Tanjungpinang melaksanakan misi ke pulau terpencil, untuk meningkatkan minat membaca para pelajar yang berada di Pulau Kelong kabupaten Bintan, Kamis (22/9/2016).

Sejak pagi hari sebanyak 40 siswa-siswi SDN 002 Bintan pesisir mengunjungi Kal Pintar Mandiri -1 yang sedang sandar di dermaga pulau Kelong. Tampak para siswa sangat antusias membaca berbagai buku koleksi Kal Pintar, selain itu para siswa-siswi yang didampingi tiga orang guru juga memanfaatkan fasilitas internet yang tersedia.

Selain itu beberapa guru mengharapkan agar Pulau Kelong sering dikunjungi perpustakaan laut keliling milik Lantamal. "Agar dapat meningkatkan minat membaca bagi anak-anak didik kami di pulau terpencil ini," harap salah satu guru.

Sementara itu pada pukul 09.45 WIB giliran siswa-siswi SMA 9 Bintan didampingi 6 orang guru pendamping mengunjungi Kal Pintar Mandiri-1. Mereka juga berkesempatan mengikuti Joy Sailing mengelilingi sekitar Pulau Kelong yang membuat para siswa gembira.

Pada kesempatan tersebut, tim kesehatan Lantamal IV yang dipimpin Dr. Bahri juga melaksanakan pengobatan gratis kepada 83 orang warga pulau kelong, hal ini merupakan program Lantamal IV Tanjungpinang bekerjasama dengan pemerintah kecamatan Bintan pesisir untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat Pulau Kelong.

Disela-sela kegiatan tersebut, tidak ketinggalan pula tim Dispotmar (Dinas Potensi Maritim) Lantamal IV melaksanakan pembekalan dengan materi bela Negara dengan tema "Bela Negara dan Keselamatan di Laut" yang dipimpin langsung oleh Kapten Marinir Hadi, S.Sos.

Menurut Danlantamal IV Laksma TNI S.Irawan program ini terus kita jalankan namun tempat sasaran kita prioritaskan pada daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau transportasi darat sehingga hanya satu-satunya sarana laut ini yang kita gunakan untuk menjangkau Pulau Kelong.

"Disamping itu dalam setiap pergerakan kita selalu turunkan yaitu Tim dari Dinas Kesehatan Lantamal IV untuk melaksanakan pengobatan gratis, dan Tim dari Dispotmar Lantamal IV guna melakukan penyuluhan bela Negara dan keselamatan pelayaran terhadap masyarakat disetiap daerah sasaran," tegas Irawan.

Editor: Yudha